suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Kapolres Batu Sidak Pasar Besar Jelang Tahun Baru 2021. Pastikan Harga Sembako Stabil.

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Batu, Suara-publik.com - Jelang Natal dan Tahun baru 2021, Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK.,MH bersama DPRD Kota Batu serta Disprindag Pemkot Batu melakukan sidak (inspeksi Mendadak) guna memastikan (Sembilan Bahan Pokok) ssetabil menjelang Natal dan Tahun Baru Tahun 2021, Pada Rabu (23/12/2021).

Bahwa tujuan itu dilakukan, menindaklanjuti kebijakan dari Pemkot (Pemerintah Kota) Batu atas komitmen tidak ada kenaikan perihal harga Sembako saat libur Natal dan Tahun Baru di tahun 2021. Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MIK bersama Ketua DPRD Kota Batu Asmadi, SP beserta Kepala Disperindag Eko Suharsono, mengelilingi Pasar Besar Kota Batu untuk meninjau stabilitas terkait dengan harga Sembako.

100%100%

Pantauan Suarapublik.com, Sidak tersebut berlangsung hampir selama 2 jam, dimulai sejak pukul 10.00 WIB sampai selesai jam 12.00 WIB.

Kapolres Batu AKBP Catur Cahyono Wibowo, SIK., MIK juga menuturkan, bahwa dari hasil Sidak tersebut juga terdapat kenaikan harga, namun masih dalam batas kewajaran. "Ya, kenaikannya tidak signifikan, masih tipis dan tidak mengganggu stock. Salah satu yang naik harga telur," Beber Catur sapaan akrabnya, saat di temui awak media.

Masih menurut Mantan Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Jawa Timur ini juga menilai memang Secara keseluruhan harga Sembako masih tergolong stabil dan stock terjaga dan tidak terjadi ada penimbunan Sembako. "Stocknya masih dapat terpantau, maupun dikontrol dan saat ini masih dalam pengawasan kami. Akan tetapi, jika terjadi penimbunan, maka dipastikan akan kami tindak tegas. Karena bila ditimbun, otomatis pasti harganya bakal melonjak naik dan tidak terkendali, itu indikatornya,” Pungkasnya.

Di kegiatan tersebut, Kepala Disperindag Pemkot Batu Drs. Eko Suhartono menyampaikan, bahwa kenaikan dari harga Sembako di Kota Batu itu, hal itu disebabkan cuaca ekstrim. “Walaupun terdapat kenaikan harga, akan tetapi tidak begitu signifikan. Jadi, kenaikannya masih dalam batas kewajaran, dan itu normal serta masih tergolong stabil, ”ungkapnya.

Terkait dengan kenaikan harga Sembako, lanjut Eko, diantaranya adalah telur yang semula dari Rp 23 ribu per kilonya, kini menjadi Rp 26 ribu. Selain itu, juga cabai rawit dari yang semula harga normal Rp 40 ribu per kilo, saat ini harganya menjadi Rp 46 ribu. Di tambahkan Eko, pihaknya tetap akan memantau fluktuasi harga Sembako di Pasar Besar Kota Batu.

"Betul, kami tetap akan memantau harga-harga di Pasar Besar Kota Batu, hingga nanti samapai pergantian tahun nantinya," Pungkasnya. Perlu diketahui, sebelumya Wali Kota Batu Dra. Hj. Dewanti Rumpoko, M.Si juga mewanti-wanti khususnya kepada para pedagang Pasar Besar Kota Batu, supaya tidak menaikkan harga Sembako menjelang Tahun Baru di 2021.

Reporter : Ahmad saifudin

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper