suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Pemeran Expo KUKM ke 8 Digelar di Grand City Berjalan Sukses, Ini Pesan Gubernur Jatim, Khofifah

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

SURABAYA, (suarapublik.com) - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa meninjau pelaksanaan pameran The 8th K-UKM Expo tahun 2021 di Grand City Mall Surabaya (15-19/9). Orang nomor satu di Jawa Timur tersebut didampingi Plt. Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jawa Timur, Mas Purnomo Hadi beserta beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Selain itu, para undangan Dinas Koperasi dan UM Kabupaten/Kota, perwakilan Bank Jatim, Bank UMKM Jatim, BRI, BNI, BSI, BTN, Bank Mandiri, perwakilan Kadin, Organisasi Perangkat Daerah Pemerintah Prov. Jawa Timur, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang dan perwakilan Shopee, Perwakilan Asosiasi UMKM, peserta pameran dan yang hadir melalui virtual.

100%100%

Khofifah mengatakan bahwa maksud kunjungannya kali ini adalah untuk mendengarkan langsung dari pelaku KUMKM, sejauh mana respon masyarakat atas pelaksanaan Expo tahun ini. 

“Alhamdulillah pasarnya sudah keliatan bergerak, kalo tidak kita tanya langsung gini kita Cuma dapat gambaran dan perkiraan saja, tetapi dengan saya tanya satu persatu saya mendapatkan gambaran kalo respon masyarakat sudah mulai bagus," ujar Khofifah, dilansir diskopukm.jatim.go.id.

Dengan telatennya, Khofifah, menanyakan satu persatu para peserta pameran, sehingga Khofifah mendapatkan banyak masukan dari para peserta pameran tentang permasalahan yang mereka alami dalam menjalankan usahanya. Sebaliknya, menurut Khofifah, para peserta pameran juga mendapatkan perhatian dan masukan yang cukup baik dari orang nomor satu di Jawa Timur itu untuk pengembangan usahanya kedepan.

"Rata-rata yang tidak melakukan perdagangan secara online mereka terdampak, apalagi yang krupuk-krupuk krispi itu terdampak sampai 80%, tetapi mereka yang melakukan penjualan secara online dan melengkapi syarat-syarat produk makanan minuman, misal ada tanggal produksi, ada tanggal expirednya, ada logo sertifikasi halal, penjualan online-nya bahkan bisa sampai keluar negeri," ungkap Khofifah.

Khofifah berpesan kepada para pelaku KUMKM makanan dan minuman agar segera melengkapi produk-produknya sesuai dengan syarat yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah dengan tujuan agar hasil penjualannya semakin maksimal.

 “Untuk produk ma-min tolong dicantumkan tanggal produksi dan expirednya, pastikan PIRT-nya, kemudian ada sertifikasi halal, karena itu akan memudahkan untuk mengakses pasar secara online," ucap Khofifah.

Disisi lain, Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jawa Timur, Mas Purnomo Hadi menyampaikan, bahwa selain pameran dilaksanakan juga berbagai Talkshow dalam Ekspo KUKM ke-8 ini dalam rangka menambah Kapasitas Wawasan Pengelola Koperasi dan Pengusaha UMKM yaitu, Talkshow Pembiayaan; Talkshow Pengawasan Koperasi KUMKM, Talkshow dengan Topik Ekspor, Talkshow Pengembangan Komunitas Usaha dan Digital Marketing.

Selain itu, dilaksanakan berbagai Workshop untuk masyarakat umum, Koperasi dan UMKM atas partisipasi dari Komunitas Usaha Kreatif Jawa Timur (KUKJ) ; Iwapi Jawa Timur; Persatuan UKM Busana (Persana) Jawa Timur; Asosiasi Perajin Batik Jawa Timur; Asosiasi Handycraft Jawa Timur. Melalui kegiatan : Workshop Aplikasi Penggunaan Scarf; Pemanfaatan Limbah menjadi Produk Daur Ulang; Cooking Class, Fabric Manipulasi; Batik dan Suminagashi; Pembuatan Strap Mask dan Workshop Aplikasi Teknik Lilit.

Selanjutnya Mas Purnomo Hadi melaporkan Capaian Kinerja Expo KUMKM ke-8 ini yang dilaksanakan secara offline dan online melalui platform media sosial (youtube, instagram), website, zoom dan Shopee. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di area pameran dan berharap agar mampu menjangkau pasar yang lebih luas. Selama 5 (lima) hari berturut-turut, omzet akumulatif yang diperoleh seluruh partisipan pameran adalah sebesar Rp 1,3 M dengan jumlah pengunjung sebanyak 8.000 orang lebih.

Pada kesempatan ini diserahkan Penghargaan Stand Terbaik dengan Kategori Favorite Booth, Innovative Booth Design, Penataan Produk Terbaik dan Favorite Display Produk oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Prov. Jatim, Jumadi didampingi Plt. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Prov. Jatim.

Menutup Ekspo KUKM ke-8 Tahun 2021, Jumadi menyampaikan, bahwa pelaksanaan pameran ini cukup sukses pelaksanaannya dan sebagai acuan pelaksanaan pameran ke depan. (Red)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper