suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Curi 6 Ban Truk Yang Parkir di Pom Bensin, Awi Diciduk Temannya Buron Hingga Saat Ini

avatar suara-publik.com
Foto: Terdakwa Awi, menjalani sidang dengan agenda dakwaan Jaksa dan saksi, diruang Garuda 2 PN.Surabaya, Selasa (25/10/2022).
Foto: Terdakwa Awi, menjalani sidang dengan agenda dakwaan Jaksa dan saksi, diruang Garuda 2 PN.Surabaya, Selasa (25/10/2022).
suara-publik.com leaderboard

Surabaya, suara publik - Terdakwa Awi bin Astori yang nekat mengambil 6 ban truk trailer yang sedang di parkir di pom bensin Jalan Sisingamangaraja Surabaya. Sedangkan terdakwa tidak sendirian namun bersama temannya Mail (DPO).

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Dewi Kusumawati dari Kejari Tanjung Perak mengatakan, bahwa pada hari Senin, 08 Agustus sekitar pukul 09.00 Wib, terdakwa mendapatkan telepon dari Mail (DPO) untuk membongkar roda truk trailer hasil curian yang dilakukan oleh Mail (DPO). Kemudian sekitar pukul 19.30 Wib, Mail (DPO) menjemput terdakwa di tempat kosnya di Jalan Sumbo Gang V Surabaya dan bersama-sama menuju ke tempat pembuangan akhir (TPA) Desa Sumberejo Kecamatan Pakal Benowo Surabaya.

"Terdakwa bertanya kepada Mail (DPO), "Jupuk Neng Endi Truck e". Lalu Mail (DPO) menjawab,"Jupuk Nang Nggone Pom Bensin Golden di SPBU Jalan Sisingamangaraja. Lalu Mail (DPO) langsung mengambil ban yang terpasang di 1 unit Truck Trailer merk Nissan Nopol L-9829-UQ Tahun 2002, warna Signal Red,"kata Dewi.

Sedangkan Mail (DPO) bertugas untuk menerangi dengan menggunakan senter sedangkan terdakwa bertugas untuk mengambil roda truk Trailer dengan menggunakan dongkrak dan inpack sebanyak 2 buah ban belakang sebelah kiri, 2 buah belakang sebelah kanan, 1 buah ban engkel sebelah kiri dan 1 buah ban engkel sebelah kanan dengan total sebanyak 6 buah ban. 

Kemudian terdakwa memberikan ban truk kepada Mail (DPO) untuk dijual ke daerah Gresik dan terdakwa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 500 ribu. "Namun apesnya terdakwa saat kembali membongkar dua ban belakang truk ditangkap oleh polisi dan diamankan, sedangkan Mail melarikan diri. 

Akibat perbuatan terdakwa, korban mengalami kerugian sebesar Rp 40 juta, perbuatan terdakwa diatur dan diancam dengan pasal 363 ayat (1) ke-4, ke-5 KUHP,"ucapnya di hadapan majelis hakim di ruang Garuda 1 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Selasa,(25/10/2022).

Sementara itu, Ketua Majelis Hakim Suparno menanyakan kepada saksi Bangkit dan Sunaryo di ruang sidang. Saksi Bangkit dengan keterangannya bahwa dirinya sangat kaget setelah mengetahui ban truk trailer nya diambil orang. "Saya tahu ban itu sudah tidak ada waktu pagi hari dan di temukan di dekat Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya,"ucapnya.(Sam)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper