suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Bobol Uang Nasabah Bank BNI Sebesar Rp. 838 Juta, Maulana, Husni, Riki, Haris dan Adi Dihukum 10 Bulan Penjara

avatar suara-publik.com
Foto: Terdakwa Maulana Arifin, M Husni Mubaroq, Riki Fernandes, Haris dan Adi ramadhan menjalani sidang agenda putusan hakim, diruang Garuda 2 PN.Surabaya, secara online.
Foto: Terdakwa Maulana Arifin, M Husni Mubaroq, Riki Fernandes, Haris dan Adi ramadhan menjalani sidang agenda putusan hakim, diruang Garuda 2 PN.Surabaya, secara online.
suara-publik.com leaderboard
Surabaya, suara publik - Sidang perkara pidana pembobolan rekening nasabah bank BNi, dengan cara memindahkan uang nasabah bank BNI, ditransfer melalui MBanking ke rekening bank lain, dengan para terdakwa Maulana Arifin, M Husni Mubaroq alias gemblung bersama- sama dengan Terdakwa Riki Fernandes, Haris Azhar ( berkas terpisah) dan terdakwa Adi Ramadan ( berkas terpisah), diruang Garuda 2 PN.Surabaya, secara online.

Dalam agenda pembacaan putusan oleh hakim ketua Suparno, Mengadili, Menyatakan, bahwa terdakwa Maulana Arifin, M Husni Mubaroq alias gemblung, Riki Fernandes, Haris Azhar ( berkas terpisah) dan terdakwa Adi Ramadan ( berkas terpisah), terbukti melakukan tindak pidana, “secara bersama – sama melakukan beberapa kejahatan dengan sengaja dan tanpa hak atau melawan hukum mengakses komputer dan/atau sistem elektronik milik orang lain dengan cara apapun”.

Sebagaimana diatur dan diancam dengan Pasal 46 ayat (1) Jo Pasal 30 ayat (1) Undang-Undang RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHP Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP," kata Diah.

Menjatuhkan pidana oleh karena itu kepada Terdakwa Maulana Arifin dan terdakwa M. Husni Mubaroq Alias Gemblung, Riki Fernandes, Haris Azhar ( berkas terpisah) dan terdakwa Adi Ramadan ( berkas terpisah), dengan pidana penjara masing–masing 10 Bulan, denda masing – masing Rp 15 Juta, Subsidair pidana masing – masing 1 bulan. Dikurangkan selama dalam tahanan, Menetapkan terdakwa tetap ditahan.

Menyatakan barang bukti: Uang tunai sebesar Rp 110.000.000,- ( untuk terdakwa Maulana dan Husni).

Uang tunai sebesar Rp 40.000.000,-.( untuk terdakwa Riki dan Haris).

Uang tunai sebesar Rp.375 Juta ( untuk terdakwa Adi Ramadhan).

Dikembalikan kepada PT Bank Negara Indonesia (BNI) Persero Tbk Cabang A. Yani Surabaya.

1 handphone Samsung Note 10,

1 unit laptop merk Asus,

1 buah flashdisk,

1 handphone Xiaomi Poco. ( milik terdakwa Maulana dan Husni)

1 laptop Lenovo V12,

1 handphone Xiaomi Pocophone.

1 handphone Red magic 3.

1 laptop merk MSI warna biru (milik terdakwa Riki dan Haris),

1 hp Red magic 6,

1 buku tabungan Bank Mandiri an Adi Ramadhan.( milik terdakwa Adi Ramadhan).

*Semuanya dirampas untuk dimusnahkan*

Putusan hakim lebih ringan dari tuntutan JPU Diah Ratri Hapsari dari kejari Tanjung Perak, dengan pidana penjara untuk masing-masing terdakwa, selama 1 tahun dan 4 bulan, denda Rp.15 Juta, Subsider 3 bulan penjara.

Diketahui, terdakwa Maulana Arifin bersama dengan M. Husni Mubaroq pada bulan Maret Tahun 2022 hingga bulan Juli Tahun 2022 bertempat di Hotel Louis Kienne Pandanaran Kota Semarang. Kemudian terdakwa meretas Aplikasi Mobile Banking Bank BNI dengan menggunakan 1 buah handphone Samsung Note 10 miliknya dan 1 buah laptop merk Asus milik terdakwa.

Selanjutnya terdakwa mendownload aplikasi di Play Store dengan versi 4.5 setelah itu dibongkar dengan menggunakan aplikasi Android Jadx untuk mendapatkan Algoritma Android mendapatkan file config URL.JS yang berisi data configurasi key beserta modulus. Terdakwa mendiskrit dengan menggunakan aplikasi charles de booging. Kemudian untuk mendapatkan aplikasi android decompiler lalu mendapatkan source-code. Sehingga file config URL.JS tadi dapat terlihat user name, password dan pin.

Akibat perbuatan terdakwa bersama-dengan komplotannya, dalam mengakses komputer dan sistem elektronik milik orang lain dengan cara meretas Mobile Banking Bank BNI mengakibatkan kerugian sebesar kurang lebih Rp 838 juta.(Sam)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper