suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

MEMBELI GANJA SEBERAT 3 KILO, DARI NAPI DI LAPAS, DITANGKAP DI KAMAR KOS, DENGAN BB GANJA 117 GRAM, BOBY DITUNTUT 7 TAHUN BUI, DENDA Rp.800 JUTA

avatar suara-publik.com
Foto: Terdakwa Boby Suhardiyanto saat menjalani sidang diruang Garuda 1 PN Surabaya, secara online.
Foto: Terdakwa Boby Suhardiyanto saat menjalani sidang diruang Garuda 1 PN Surabaya, secara online.
suara-publik.com leaderboard

Surabaya, suara publik - Sidang perkara pidana Narkotika jenis Ganja seberat 117,050 gram, yang pada awalnya membeli sebanyak 3 Kilogram dari Bandar Irawan masih (DPO), dengan terdakwa Boby Suhardiyanto anak dari Haryanto Alm, yang ditangkap di kamar kos di Jalan M. Rasyid Desa Tebo Mulyorejo Kecamatan Sukun Malang.

Dalam agenda tuntutan yang dibacakan oleh JPU Rini NT, terbukti bersalah melakukan tindak pidana " tanpa hak atau melawan hukum menanam, memelihara, memiliki, menyimpan, menguasai, atau menyediakan narkotika Golongan I dalam bentuk tanaman”

Sebagaimana diatur dalam melanggar pasal 111 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika dalam surat dakwaan Kedua.

Menjatuhkan hukuman terhadap terdakwa Boby Suhardiyanto, dengan pidana penjara selama 7 tahun, dan denda 800 juta, subsider 3 bulan penjara, Selasa (10/01).

Dalam sidang sebelum, saksi Oky Ary Saputra anggota Polrestabes Surabaya, menerangkan, melakukan penangkapan terhadap terdakwa Boby Suhardiyanto mendapatkan informasi dari masyarakat dan juga hasil dari pengembangan narkotika jenis ganja 13 kilogram di jalan M.Rasyid Sukun Malang.

Diakui terdakwa mendapatkan ganja tersebut dari Irawan Lapas LowokWaru, yang nantinya dikendalikan Irawan untuk diranjau oleh terdakwa.

"kami.menangkap terdakwa saat berada dalam kamar, dan barang ganja tersebut disimpan dalam. Lemari kamar kosannya," katanya

Terdakwa mengaku mendapat upah 50 ribu sekali meranjau.pekerjaan mengandung pidana penjara lebih dari 4 tahun, dengan alasan karena tidak bekerja, mengikuti aturan irawan dari dalam Lapas Lowokwaru.

Saat dilakukan penangkapan di kamar kosnya di Jalan M. Rasyid Desa Tebo Mulyorejo Kecamatan Sukun Malang, pada hari Rabu, 24 Agustus 2022 sekitar pukul 21.00 Wib. "Ditemukan barang berupa 1 irisan ganja berat 146,42 gram, 1 irisan ganja berat kurang lebih 136,32 gram, 1 bungkus ganja dengan berat sekitar kurang lebih 21,21 gram beserta bungkusnya, 1 bungkus ganja dengan berat sekitar kurang lebih 18,38 gram beserta pembungkusnya, 1 bungkus ganja dengan berat sekitar kurang lebih 17,32 gram beserta bungkusnya, 1 bungkus ganja dengan berat sekitar kurang lebih 12,40 gram beserta pembungkusnya, 1 pak plastik, 1 timbangan elektrik, 2 kaleng, 2 mangkuk cup berwarna putih,"kata Oky di hadapan majelis hakim di PN Surabaya.

Terdakwa Boby menjelaskan, bahwa ganja tersebut di ranjau di daerah Arjosari Malang dan di bawah kos-kosan di Malang. "Dari hasil penjualan ganja saya mendapatkan upah sebesar Rp 50 ribu. Saya terpaksa menjual ganja karena tidak punya pekerjaan Yang Mulia,"ucapnya. 

Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam dalam Pasal 114 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, pada dakwaan pertama JPU.(Sam)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper