suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Jum'at Curhat Polres Gresik bersama Perguruan Pencak Silat Kera Sakti

suara-publik.com leaderboard

GRESIK, (suara-publik.com) - Polres Gresik menggelar kegiatan Jum'at Curhat dengan Perguruan Pencak Silat Kera Sakti pada hari Jumat, 3 Mei 2024. Kegiatan ini bertempat di Sekretariat IKSPI Kera Sakti Jalan Gubernursuryo 63, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Acara ini dihadiri oleh Kabagops dan PJU Polres Gresik, serta pengurus IKSPI Kera sakti Gresik.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menciptakan kondisi yang aman dan kondusif di wilayah Gresik.

Dalam sambutannya, Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom melalui Kabagops AKP Chakim Amrullah menyampaikan bahwa perguruan silat adalah warisan budaya bangsa yang harus dilestarikan dengan budi pekerti luhur. Pihaknya menghimbau agar tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan yang berujung pada tindakan hukum.

"Berharap IKSPI Kera Sakti dapat menjadi pelopor kamtibmas di wilayah Gresik demi keamanan dan menciptakan situasi yang kondusif," ucapnya.

Beliau juga berpesan agar tidak ada kegiatan negatif yang dilakukan yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat, terutama adu antar perguruan yang sering terjadi.

Jefri, Ketua Cabang IKSPI Kera Sakti Gresik, berharap kepolisian dapat melindungi dan menegakkan hukum bagi oknum-oknum organisasi yang menimbulkan dan membuat keresahan dalam masyarakat. Jefri juga menyampaikan bahwa tanpa bantuan dari kepolisian, pihaknya tidak akan mampu menyelesaikan masalah antar perguruan jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Beberapa pengurus ranting IKSPI Kera sakti Gresik juga menyampaikan aspirasinya dalam kegiatan Jum'at Curhat ini.

Pengurus Ranting Manyar, Saudara Bagas, mengaku sering mendengar kejadian di mana anak Manyar menjadi kambing hitam terkait kerusuhan antar perguruan, padahal mereka berasal dari luar Manyar. Beliau berharap hal tersebut dapat dipastikan kembali agar tidak ada pihak yang dirugikan.

Diki Andrean dari Ranting Sedayu, khususnya daerah pantura, menyampaikan bahwa hubungan antar perguruan di wilayahnya sangat aman. Beliau mengungkapkan bahwa permasalahan yang terjadi biasanya berasal dari pendatang, bukan dari internal perguruan.

Rio Satria dari Ranting Gresik Kota berharap di Gresik Kota diadakan pengarahan kegiatan silaturahmi antar perguruan yang diadakan dari pihak kepolisian.

Menanggapi aspirasi tersebut, AKP Chakim Amrullah menyatakan, bahwa pihaknya akan memberikan petunjuk dan arahan kepada jajaran polsek untuk mengadakan forum komunikasi antar perguruan yang akan di naungi pihak kepolisian. Hal ini dilakukan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan di wilayah Gresik.

"Diharapkan dengan kegiatan ini, terjalin komunikasi yang baik antara Polres Gresik dan Perguruan Pencak Silat IKSPI Kera Sakti, sehingga dapat bersama-sama menjaga keamanan dan kondusifitas di wilayah Gresik." Kata AKP Chakim. (imam)

Editor : suarapublik

suara-publik.com skyscraper