suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Kades Bangah Berharap, Anggaran 2021 Segera Direalisasikan

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

SIDOARJO (Suara Publik.com) - Kepala Desa Bangah, Kabupaten Sidoarjo berharap kepada pemerintah pusat dan daerah agar segera merealisasikan APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa), Desa Bangah Tahun Anggaran 2021.

Pasalnya, sudah tertuang sesuai perencanaan desa. Hal ini diungkapkan Kepala Desa Bangah, Bambang Handoko, saat ditemui suara publik.com di ruang kerjanya, Jl. Raya Bangah, Sidoarjo, Kamis, (28/1/2021).

Menurut Bambang, bahwa APBDes Desa Bangah, TA 2021 ini ada 4 (empat) jenis kegiatan, antara lain, bidang pelaksanaan pembangunan desa, bidang pembinaan kemasyarakatan, bidang pemberdayaan masyarakat dan bidang penanggulangan bencana, darurat dan mendesak.

"Untuk pembangunan desa ke infrastruktur sarana dan prasarana seperti pavingisasi, gorong-gorong, peningkatan kolam renang umum dan penghijauan. Pembinaan pemasyarakatan ditujukan pada 4 Pokja PKK," tutur Bambang yang enggan di publikasikan ini.

"Sedangkan pemberdayaan masyarakat, lebih pada peningkatan kapasitas melalui UKM dan kegiatan karang taruna. Kemudian, pemberian BLT (Bantuan Langsung Tunai) kepada Warga masyarakat yang terdampak pandemi covid-19," tambahnya.

Orang nomor satu di Desa Bangah ini menjelaskan, bahwa syarat mendapatkan BLT adalah warga yang tidak mampu dan penduduk yang terdampak. "Sesuai instruksi pemerintah pusat, seperti tahun lalu (2020) pemberian BLT diberikan kepada warganya sebesar Rp 300.000,00 per bulannya, " pungkasnya.

Dikutip dari RKP APBDes 2021, Desa Bangah berkisar Rp 2 Miliar. Anggaran tersebut terbagi menjadi 4 (empat) bidang.

Bidang pembangunan menganggarkan Rp 690 Juta'an, Bidang pembinaan, menyediakan anggaran Rp 137 Juta'an.

Bidang pemberdayaan mengalokasikan dana Rp 170 Juta'an dan Bidang PBDM menyediakan anggaran Rp 79 Juta'an. (RiF)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper