suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Gadaikan 14 Mobil, Nurul Ana Residivis Penipuan Dituntut 2,5 Tahun

avatar suara-publik.com
Foto: Terdakwa Nurul ana alias Buyung alias Joe bin Sumono, mendengarkan tuntutan jaksa, di ruang Candra PN Surabaya, secara online.Kamis (07/10/2021).
Foto: Terdakwa Nurul ana alias Buyung alias Joe bin Sumono, mendengarkan tuntutan jaksa, di ruang Candra PN Surabaya, secara online.Kamis (07/10/2021).
suara-publik.com leaderboard

Surabaya, suara publik - Sidang perkara penipuan dengan cara berlanjut menggelapkan 14 unit mobil mewah yang digadaikan sejak tahun 2017 oleh terdakwa Nurul ana alias Buyung alias Joe bin Sumono,hingga saksi korban So Andhika Setiawan mengalami kerugian sebesar Rp.5 Miliar, terdakwa Nurul ana menjalani sidang diruang Candra PN.Surabaya, secara online, Kamis (07/10/2021).

Sidang agenda membacakan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Siska Christina, SH dari Kejari Surabaya, yang menyatakan terdakwa Nurul ana terbukti bersalah "melakukan penipuan dan penggelapan secara berlanjut 14 unit mobil rental"

Sebagaimana diatur dan diancam pidana Pasal 378 KUHP Jo. Pasal 64 Ayat (1) KUHP.

Memohon kepada majelis hakim yang menyidangkan perkara tersebut, untuk menghukum terdakwa dengan pidana penjara selama 2 tahun dan 6 bulan, dikurangkan seluruhnya selama terdakwa di dalam tahanan.

Dalam pembelaan ( pledoi) terdakwa melalui penasihat hukumya, yang dibacakan pada intinya, Agar majelis hakim mempertimbangkan tuntutan JPU, kalau bisa terdakwa Dibebaskan, melepaskan terdakwa dari semua tuntutan dan mengembalikan semua harkat dan martabatnya.

Hakim Johannis Hehamony menunda sidang pada tanggal 14 Oktober 2021, dengan agenda putusan.

Terdakwa Nurul ana selain terjerat perkara menggadaikan mobil rental milik Andhika, terdakwa ditahun 2018 juga telah menipu Hartono Adji dan saksi Soepeno Adji, modus pemodalan pembuatan alat service handphone merk Syscobox iNAND 1000 unit, senilai Rp.1.169.202.150,- .

Terdakwa telah diganjar hukuman pidana penjara 1 tahun dan 4 bulan (senin tanggal 25/01/2021), yang sebelumnya Jaksa Siska menuntut terdakwa 2 tahun penjara.

Ditahun 2017 Nurul ana juga berurusan dengan hukum, telah menggadaikan mobil milik PT.Jaguar Indo Sukses ,saksi So Andhika Setiawan, pemilik rental di jalan Jemursari 205 blok A-08 Surabaya.

Dari 30 unit mobil yang disewa terdakwa, hanya 16 unit mobil yang dikembalikan kepemiliknya, 14 unit mobil lainnya telah digadaikan oleh terdakwa Nurul ana,

Andhika pemilik mobil dapat menemukan 6 unit mobilnya tahun 2019, yang 8 unit raib hingga sekarang.(Sam)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper