suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Tips Merawat Wajah Agar Tetap Glowing, Di masa Pandemi

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Pada masa pandemi Covid-19 ini kita tau bahwa semua orang harus memakai masker dimanapun kita berada dan dalam jangkan waktu yang lama. Oleh karena itu, efek dari pemakaian masker yang terlalu lama bisa menyebabkan kulit kita jerawat. Bukan hanya berjerawat melainkan ada beberapa efek samping dari pemakaian masker terlalu lama seperti iritasi, kulit kering, mengelupas, ruam, gatal hingga peradangan pada kulit.

Bagaimana cara merawat wajah kita agar tetap glowing di masa pandemi ini? Yuk simak artikel ini, kita akan membahasnya. Di tips ini gak hanya untuk kalangan anak muda loh guys, tips ini bisa untuk orang tua, laki-laki juga bisa loh guys tapi sayangnya untuk anak bayi atau balita belum bisa hehehe.

Salah satu faktor kenapa kita bisa berjerawat itu karena gesekan dari masker yang memiliki bahan yang dapat menyebabkan iritasi, dan memicu jerawat.Walaupun bisa memicu jerawat, menggunakan masker itu sangat penting untuk mengurangi penyebaran virus corona. 

Gimana sih cara merawat kulit wajah hanya dengan di rumah saja? Ini dia tipsnya : 

1. Minum air putih yang cukup 

Dengan minum air putih yang cukup dapat menjaga kelembapan kulit secara optimal dan memberikan nutrisi penting untuk sel-sel kulit. Air juga dapat melengkapi kebutuhan jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Dan tentunya dapat membantu penundaan munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus.

2. Menjaga pola makan

Menjaga pola makan juga dapat berpengaruh pada kulit wajah karena makanan yang masuk ke dalam tubuh akan memberikan nutrisi untuk kulit. Kalau kebanyakan makan junk food dalam waktu yang lama bisa membuat wajah terlihat kusam.

3. Gunakan masker yang tepat dan mengganti masker minimal 4 jam sekali. 

Masker yang kurang tepat dapat mengiritasi kulit, Pilih bahan yang lembut yang memiliki dua lapisan serta tidak membuat sesak saat dipakai. Lalu, saat ingin mengganti masker dengan masker yang baru dipastikan tangan dalam keadaan yang bersih, beri waktu minimal 15 menit untuk mengistirahatkan wajah. 

4. Membersihkan wajah dua kali sehari.

Bagi kalian yang suka sekali dengan menggunakan makeup sebaiknya melakukan double cleansing supaya kotoran dimuka terangkat dan menjadi lebih bersih. Selain double cleansing juga lakukan eksfoliasi minimal satu kali dalam seminggu yang tujuannya agar sel-sel kulit mati terangkat dan tidak menumpuk di wajah. Pilih pembersih yang cocok dan sesuai pada jenis kulit. 

5. Menggunakan pelindung matahari atau sunscreen.

Walaupun kita bekerja atau melakukan aktivitas hanya di dalam rumah saja tetapi kita juga harus tetap memakai sunscreen loh karena sinar UV matahari masih bisa masuk, terutama jika selalu membuka jendela dan tirai. Tujuannya sunscreen tersebut adalah untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar uv, pembentukan pigmentasi, dan kanker kulit. Bahkan, paparan sinar matahari singkat bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Pilihlah sunscreen sesuai dengan jenis kulit kalian yang terpenting adalah sunscreen dengan perlindungan UVA dan UVB lalu memiliki spf 30 ke atas ya dan yang tidak mengandung comedogenic agak tidak meyebabkan kulit berjerawat. 

6. Menggunakan perawatan wajah 

Selain memakai sunscreen, menambahkan serum pada wajah juga dapat membantu kita untuk bisa memiliki wajah yang glowing. Pakailah serum sesuai kebutuhan kulit kamu ya!. Lalu berikan pelembab pada wajah agar wajah tidak terlihat kering 

7. Olahraga yang teratur

Tidak ada alasan untuk tidak bisa meluangkan waktu 10-15 menit setiap hari untuk berolahraga, tidak hanya meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, tetapi juga meningkatkan sirkulasi darah ke kulit juga dapat mengurangi hormon stres, dapat merangsang produksi kolagen kulit, meningkatkan keseluruhan otot yang membuat kulit terlihat lebih kencang.

8. Tidur yang cukup 

Banyak yang tidak sadar bahwa tidur yang cukup itu penting untuk kesehatan terutama bagi kulit wajah. Kurang tidur yang akut menyebabkan kulit terasa kering, berkerut dan menua lebih cepat serta menimbulkan lingkaran hitam dan kantung pada mata, kamu akan terlihat tua dan lelah.

Penulis : Adilah Sal Sabillah Mahasiswi Program Studi D III Keperawatan AKPER HERMINA MANGGALA HUSADA

100%100%

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper