suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Terlalu lama duduk di depan laptop bisa bahaya loh! Simak penjelasannya

avatar suara-publik.com
Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi
suara-publik.com leaderboard

Pada masa pandemi ini anak-anak yang tadinya sekolah tatap muka kini beralih dengan belajar dirumah dengan media belajar yaitu gadget. Khususnya remaja yang kini tengah menjalani masa kuliah diharuskan menggunakan laptop karena lebih mempermudah dalam mengerjakan tugas kuliah, sehingga laptop sangat penting dimiliki oleh seorang mahasiswa agar tugas-tugas yang diberikan oleh dosen bisa segera dikerjakan.

Terkadang karena jam belajar yang panjang kita diharuskan duduk didepan laptop agar tidak melewatkan materi, hal ini dapat memicu masalah kesehatan seperti membuat penglihatan terasa nyeri, badan terasa pegal, otot-otot sendi kaku, dan lain-lain. Tidak hanya itu, duduk terlalu lama didepan laptop juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius loh. Ingin tahu? Yuk simak penjelasan berikut.

1. Serangan jantung

 Serangan jantung tidak hanya terjadi pada lansia loh tetapi juga terjadi pada remaja dan anak-anak. Salah satunya itu bisa terjadi karena terlalu lama duduk di depan laptop. Hal tersebut disebabkan karena badan yang kurang bergerak, sehingga aktivitas jantung terganggu. Dan karena aktivitas yang terganggu itu yang dapat memicu terjadinya serangan jantung.

2. Terjadinya penggumpalan darah

Ketika sedang asyik menggunakan laptop kadang secara tidak sadar kita telah duduk terlalu lama dan tidak ada perubahan gerak sama sekali. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya penggumpalan darah, jika gumpalan tersebut dibiarkan maka dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah, hal ini dapat menyebabkan seseorang mengalami kematian mendadak.

3. Kanker

Kanker yang dipicu karena duduk terlalu lama ialah kanker usus, payudara, dan leher rahim. Hal ini terjadi dikarenakan tubuh tidak banyak bergerak sehingga berdampak buruk terhadap antioksidan dan produksi insulin dalam tubuh.

4. Stres dan Depresi

Terlepas dari gejala fisik yang ditimbulkan, ada pula gangguan mental yang disebabkan karena terlalu lama menggunakan laptop yaitu stres dan depresi. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami stres dan depresi seperti, tugas yang menumpuk mengharuskan seseorang menyelesaikannya hingga merasa tertekan, stres, dan depresi. Dan sirkulasi udara yang buruk, apabila anda berada pada ruangan tertutup dan tidak ada ventilasi maka akan membuat anda mengalami stres.

Nah itulah sebagian hal yang berbahaya yang ditimbulkan akibat duduk terlalu lama. Meski terlihat sepele tetapi dampak yang ditimbulkan sangat bahaya bahkan bisa menyebabkan kematian. Tetapi jika anda termasuk orang yang sibuk menggunakan laptop untuk pekerjaan atau tugas maka anda harus melakukan beberapa peregangan disela-sela istirahat agar otot dan sendi tidak kaku sehingga tidak menimbulkan gejala-gejala penyakit seperti diatas.

Penulis : Tiara Imeldawati

100%100%

 Mahasiswi Program Studi D III Keperawatan AKPER HERMINA MANGGALA HUSADA

 

 

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper