suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Pendampingan UMKM Rungkut Menanggal Melalui Digital Marketing, Oleh Mahasiswa KKN-T UPN Veteran Jatim

avatar suara-publik.com
Foto: Mahasiswa KKN-T UPN saat pendampingan UMKM.
Foto: Mahasiswa KKN-T UPN saat pendampingan UMKM.
suara-publik.com leaderboard

Surabaya, suara publik - Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik MBKM ini merupakan bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk hidup di tengah masyarakat. Mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur yang kini melaksanakan KKN di Rungkut Menanggal Kecamatan Gunung Anyar Surabaya, ingin membantu para pelaku UMKM yang ada pada wilayah tersebut untuk pendampingan dan pemberian solusi atas kendala yang di alami oleh pelaku UMKM. 

UMKM yang saat ini akan kami dampingi yaitu UMKM Tas Batik Andyni collection, UMKM ini merupakan salah satu UMKM unggulan di Kecamatan Gunung Anyar. Dengan mengoptimalkan sumber daya manusia di lingkungan sekitar, Andyni Collection selalu fokus pada pemberdayaan peningkatan ekonomi warga Gunung Anyar.

Kami telah melakukan sesi wawancara bersama dengan Ibu Amirul(19/05/22), selaku pelaku UMKM Tas Batik Andyni Collection terkait kendala apa saja yang dialami oleh beliau. Beliau ingin tas batik yang dibuatnya memiliki packaging agar tampilan kemasan terkesan lebih cantik dan rapi. Selain itu, Ibu Amirul juga memiliki akun instagram untuk UMKM-nya, tetapi instagram yang di milikinya telah lama tidak aktif, “saya biasanya memang pemesanan melalui WA, saya sebenernya punya instagram itu tapi jarang saya pakai karna kurang tau cara pakainya” menurut penuturan Ibu Amirul. Maka dari itu, kami akan mengembangkan media promosi melalui media sosial yaitu instagram dan memperbarui tampilan instagram agar lebih menarik konsumen, kata Reza.

Sesuai kendala yang telah diinformasikan oleh Ibu Amirul terkait kemasan dan pemasaran, kami memberikan contoh kemasan yang cocok untuk Tas Batik yang dibuatnya, yaitu Paper Bag dengan 2 ukuran. Dimana, pada paper bag tersebut terdapat desain logo "Andyni Collection" serta informasi terkait nomor telepon dan akun instagram pada bagian depan. Kelompok 5 juga membuat media promosi berupa video yang akan di unggah di akun instagram Tas Batik Andyni agar menarik para konsumen, dan konsumen juga dapat membeli produk tersebut melalui Instagram atau link yang telah dicantumkan pada bio instagram tersebut, lanjut Gialuna.

Berikut nama-nama mahasiswa KKN di kelurahan Rungkut Menanggal

1. Gialuna Chesha Trivanti dari fakultas FEB jurusan Akuntansi

2. Reza Cahya Anggraini dari fakultas FEB jurusan Akuntansi

3. Regina Wetang dari fakultas FEB jurusan Akuntansi

4. Erlin Widyastuti dari fakultas FIK jurusan Teknik Informatika

5. Nahdila Trisna Dwi Saryono dari fakultas FISIP jurusan Administrasi Bisnis

6. Diska Putri Apriliandini dari fakultas FISIP jurusan Administrasi Bisnis

7. Salsabila Vania Putri Belva dari fakultas FISIP jurusan Komunikasi

8. Shally Urfa Ramadhania dari fakultas FEB jurusan Manajemen

9. Chintya Tiara Andi Yanti dari Fakultas Hukum jurusan Ilmu Hukum.(UPN)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper