suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Terkait Dugaan Penyimpangan Drainase Balongmojo, Kades Berikan Klarifikasi dan Hak Jawabnya

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

SURABAYA, (suarapublik.com) – Terkait pemberitaan dugaan penyimpangan pembangunan drainase di Dusun Balongmojo Kidul, Kepala Desa Balongmojo, Sutikno, melalui kuasa hukum nya, Dwi Heri Mustika, SH memberikan Klarifikasi dan Hak Jawabnya. Pihaknya melakukan pertemuan dengan owner dan Pimpinan Redaksi suara publik.com di Surabaya, Jum'at, (23/9/2022).

Dwi HM selaku kuasa hukum Sutikno, menyatakan, bahwa pemberitaan mengenai dugaan penyimpangan drainase yang dua kali di tayangkan di Media online suara publik.com Itu tidak benar. Sebab, pembangunan drainase tersebut, yang sudah selesai 100% sejak bulan 7 lalu, sudah di periksa oleh pihak Kabupaten Gresik. 

Menurut Dwi HM, bahwa pelaksanaan pekerjaan tersebut sudah sesuai dengan ketentuan aturannya. "Pembangunan drainase ini dikerjakan sesuai dengan perencanaan yang ada. Jadi tidak ada masalah dilapangan, "ungkapnya. 

Sebelumnya, Kepala Desa melalui pesan whatssaap, memberikan surat jawaban dan klarifikasi secara tertulis kepada Pimpinan Redaksi suara publik.com. Adapun dalam surat klarifikasi tersebut, menggunakan kop surat bertuliskan Kantor Bantuan Hukum dan Penegak Hukum DWI HERI MUSTIKA, SH dan PARTNERS. 

Sesuai dengan surat yang dikeluarkan dari kuasa hukum nya dengan No. 08/klrf.hj/CAKRA-GRESIK/IX/2022, pada tanggal 23 September 2022, tentang jawaban konfirmasi dan klarifikasi atas surat yang terkirim dari redaksi suara publik.com, No. 040/RED/suara publikcom/SKK-SBY/2022, tertanggal 14 September 2022.

Dalam keterangan isi surat tersebut, menyatakan, berdasarkan Undang-undang (UU) No. 40 Tahun 1999 tentang pers pasal 5 ayat 1, Mengedepankan azas praduga tidak bersalah dan Kode Etik Jurnalistik (KEJ), pasal 1, berbunyi, wartawan Indonesia bersikap independen, menghasilkan berita yang akurat, berimbang dan tidak beritikad buruk. 

Menanggapi dalam pemberitaan yang sudah di tayangkan media online ini, pada 19/9/2022, dengan Judul, Sarat Penyimpangan, Proyek Pembangunan Drainase Balongmojo Gunakan Batu Gamping dan penayangan pada 21/9/2022, judul, Kualitas Pekerjaan Diragukan, Grasi Minta Pembangunan Drainase Balongmojo Diperiksa, Kades Balongmojo Nyatakan Sesuai Dengan Gambar. Secara tertulis pihaknya menjawab secara lembaga, bahwa semua Itu tidak benar. Pekerjaan sudah selesai dan dinyatakan tidak bermasalah dari pihak berwenang Kabupaten Gresik. 

Demikian surat sanggahan yang disampaikan melalui kuasa hukum Kepala Desa Balongmojo kepada Redaksi Suara Publik.Com. 

Sementara itu, surat yang dilayangkan media ini, tentang permohonan data pekerjaan drainase Balongmojo Kidul belum ditanggapi. Hal ini berdasarkan Undang-undang No. 14 Tahun 2018, tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). (Dre)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper