suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Siapkan Ruang Terpadu Satu Pintu, Pengunjung PN. Surabaya Hanya Ada 1 Pintu di Depan

avatar suara-publik.com
Foto: Tampak salah satu pintu di seterilkan bagi pengunjung tidak boleh masuk, dan akan ditutup untuk selamanya.
Foto: Tampak salah satu pintu di seterilkan bagi pengunjung tidak boleh masuk, dan akan ditutup untuk selamanya.
suara-publik.com leaderboard

Surabaya, suara publik - Jika diamati sejak pasca pandemi Virus Covid 19, yang penularannya begitu dahsyat hingga melumpuhkan kinerja pelayanan masyarakat dan juga banyak memakan korban jiwa saat itu, sehingga banyaknya titik kumpul pengunjung diurai atau dibatasi jumlahnya agar tidak terjadi kerumunan pengunjung.

Hal tersebut juga dilakukan oleh Pengadilan Negeri (PN) Surabaya dengan menutup pintu dan gerbang akses menuju ke ruangan sidang, namun sejak peraturan penutupan diberlakukan, harus berjalan memutar agar dapat masuk keruangan - ruangan sidang tersebut.

Beberapa pintu dan gerbang menuju ke ruangan sidang Sari 1, Sari 2 Sari 3 dan Garuda 2, semenjak ditutup dan dijaga satpam, membuat pengunjung pencari keadilan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, berjalan memutar keluar gedung melalui pintu pengganti masuk dari luar.

Akses tertutup yang tampak saat ini, masuknya majelis hakim ke ruangan sidang yang dituju, melalui lorong pintu luar kedalam dapat melewati ruang Kartika 1, Kartika 2 dan masuk kembali ke pintu penjagaan akses masuk ke ruang Tirta 2 dan Tirta 1, Garuda 1 dan 2, Sari 1,2,3. Juga termasuk pada ruangan Transit Panitera dan ruangan transit Hakim dan transit Jaksa.

Kini para pengunjung pencari keadilan hanya dapat berkumpul diruang tunggu tersedia di area gedung belakang, karena ruang tunggu tengah yang biasanya dipakai, akan beralih fungsi sebagai ruangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), yang sebelumnya berada di lantai dua gedung utama PN.Surabaya.

Saat ini akan masuk di musim penghujan, akan tampak nantinya para pengunjung pencari keadilan akan berputar melewati luar gedung jika ingin menuju ruangan Garuda 2, Sari 1,2,dan 3, dalam kondisi turun hujan basah- basah berlarian. Dikararekan akses dalam telah steril ditutup.

Tidak banyak yang didapat dari penjelasan atau keterangan akan hal penutupan akses lorong jalan menuju ke beberapa ruangan sidang, ruang transit hakim dan panitera juga ruangan transit jaksa, dari beberapa pejabat dilingkungan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, karena sepengetahuan media ini di lapangan, beberapa akses pintu tertutup dan steril tersebut awalnya untuk mengurai pengunjung berkerumun, namun sepertinya diterapkan sampai sekarang.

Terpisah juru bicara humas PN.Surabaya , Suparno, saat dimintai keterangan akan hal tersebut, mengatakan pintu belakang, pintu masuk ke ruangan- ruangan tersebut memang akan ditutup secara permanen atau ditutup seterusnya.

" Memang, akan ditutup selamanya itu mas, tidak akan dibuka lagi untuk pengunjung umum, kan sudah diberikan pintu alternatif masuknya dari luar, memang berputar lewat depan, tapi itu memang peraturannya yang diberlakukan sekarang," ujar Suparno, beberapa waktu lalu.

Sampai berita ini diturunkan, masih terdapat beberapa perombakan tempat dan ruangan yang dilakukan oleh pihak PN.Surabaya, yang nanti akan suara publik informasikan lebih lanjut.(Sam)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper