suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Tampilkan Kesenian Gamelan Lansia di Jatim Fair 2022, Stan Dinsos Jatim Terbaik Kategori Elemen Jawa Timur

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

SURABAYA, (suarapublik.com) – Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Provinsi Jawa Timur mendapat penghargaan Stand dengan elemen Jawa Timur terbaik diraih Dinsos dalam gelaran Jatim Fair 2022, yang berlangsung di Grand City dan dibuka Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, pada Jumat (07/10/2022). 

Stan Dinsos Jatim tersebut menampilkan kesenian gamelan yang di mainkan para lansia dengan kental nuansa Jawa Timur. Sedangkan tahun lalu menampilkan kebolehan para penyandang disabilitas.

Kepala Dinsos Jatim Alwi mengatakan, kesenian gamelan di mainkan para lansia yang selama ini dirawat oleh Dinsos Jatim. “Mereka ini dirawat di 7 UPTD yang tersebar di Jatim. Diantaranya ada di Jombang, Pasuruan dan Pacitan. Tiap UPTD ada 20 orang sampai 25 Lansia,” ujarnya ditemui di sela-sela acara di stan Dinsos Jatim.

Alwi menjelaskan, selama di UPTD para lansia diberi kebebasan untuk mengembangkan kreatifitasnya. “Kalau suka main gamelan ya silahkan main gamelan, suka keroncong silahkan main keroncong, ada yang suka beribadah, ada juga yang suka bercocok tanam. Kita memberi kebebasan mereka, kita tidak mengarahkan mereka. Sepanjang itu baik dan tidak berbahaya,” terangnya.

100%100%

Lebih lanjut Alwi mengatakan, Dinsos Jatim juga mengagendakan para Lansia refreshing sebulan sekali. “Kita juga memberikan mereka ketrampilan yang mereka bisa ketika di UPTD. Untuk mengisi waktu. Yang penting kita bahagiakan mereka,” imbuhnya.

Alwi menuturkan, Dinsos Jatim punya moto untuk para Lansia, yaitu, Tua Berguna dan Berkualitas. Stand Dinsos ini menjadi stand pertama yang dikunjungi oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, sesuai membuka gelaran Jatim Fair 2022. 

Tampak Gubernur perempuan pertama ini menyapa dan memberi salam kepada lansia yang ikut pameran ini. Antusiasme nenek dan kakek ini terlihat dengan senyum bahagia ketika disapa. (Dre)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper