suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

BUMDes Mulung Sejahtera Berkontribusi Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat Desa Mulung

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Gresik, suara publik - Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi penting sebagai pengungkit perekonomian desa melalui peningkatan layanan umum dan mengoptimalkan aset desa. Selain itu, tampak pula bahwa BUMDes memiliki peran sebagai pendukung kegiatan usaha dan perekonomian masyarakat desa melalui fasilitasi kegiatan ekonomi produktif desa. Seperti halnya yang dilakukan oleh BUMDes "Mulung Sejahtera" di Desa Mulung, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik.

BUMDes Mulung SUKSES BERSAMA yang dipimpin oleh Andik sebagai Direktur dan Sausin sebagai pelaksana lapangan telah memberi kontribusi yang cukup signifikan terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Desa Mulung. Meski baru setahun berdiri, BUMDes tersebut mampu menyumbang terhadap PAD Desa Mulung hampir Rp 80 juta. Kontribusi tersebut didapat melalui pengelolaan tanah kas desa (TKD). Menurut Andik, pencapaian tahun ini bisa meningkat lagi di tahun 2023 ini. 

"Target kami di tahun depan bisa memberikan PAD yang lebih besar lagi. Oleh karena itu, kami terus meningkatkan kinerja kami supaya keberadaan BUMDes Mulung SUKSES BERSAMA ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa demi meningkatkan kesejahteraan mereka," kata Andik, Kamis 27 Oktober 2022.

Selain berkontribusi terhadap PAD, Andik mengatakan bahwa BUMDes yang dikelolanya juga mampu menjadikan masyarakat Desa Mulung lebih produktif, bahkan di masa mendatang ditargetkan menjadi pengungkit kemandirian desa.

"Dengan pengelolaan yang baik, transparan, serta dukungan dari berbagai pihak utamanya Pemdes Mulung, kami yakin, BUMDes Mulung SUKSES BERSAMA bisa menjadi trigger ekonomi masyarakat Desa Mulung," kata Andik. (*)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper