suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

RT 02 RW 02 Kel. Bulang KulonKec. Benjeng Kab. Gresik, Galakan Kerja Bakti

avatar suara-publik.com
Foto: Suasana kerja bakti warga Bulang Kulon.
Foto: Suasana kerja bakti warga Bulang Kulon.
suara-publik.com leaderboard

Gresik. suarapublik.com - Kerja bakti adalah tempat dimana kita memulai aktivitas sehari-hari. Kepedulian terhadap kebersihan lingkungan merupakan suatu kebiasaan yang harus ditanamkan diusia dini. Hal ini perlu dilakukan karena dengan terus berusaha untuk menjaga kebersihan lingkungan, maka tindakan tersebut merupakan bentuk kepedulian kita terhadap diri sendiri dan orang lain. Untuk menciptakan lingkungan yang nyaman kita harus selalu menjaga lingkungan. 

Menurut Imam Syafaat selaku ketua RT salah satu contoh cara menjaga lingkungan dengan itu kita harus beramai-ramai menjaga kelestarian lingkungan salah satunya dengan bergotong royong minggu (27/11/2022) membuat saluran sanitasi lingkungan atau yang disebut kerja bakti.

Indonesia memiliki beragam budaya yang menjadi identitas masyarakat sejak dahulu, salah satunya gorong royong dalam melakukan kerja bakti. Kerja bakti merupakan salah satu rutinitas budaya yang sudah melekat dimasyarakat.

Kerja bakti adalah kegiatan gotong royong yang tidak mengharapkan upah ataupun imbalan (sukarela). Masyarakat diminta untuk meluangkan waktunya untuk bahu membahu membangun desa tanpa keluh kesah demi menuju desa yang mandiri, maju, dan sejahtera.

Kerja bakti merupakan kegiatan yang dilakukan oleh RT 02 RW 02 Desa Bulangkulon Kecamatan Benjeng kabupaten Gresik. Sekelompok orang untuk membuat lingkungan menjadi lebih bersih, nyaman, dan memperindah lingkungan. Kerja bakti adalah salah satu wujud dari kegiatan gotong royong antar warga masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Kerja bakti dilakukan dengan tujuan untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan asri, serta menjaga kelestarian lingkungan dan sumber daya alam di dalamnya. Selain bermanfaat menjaga lingkungan, kerja bakti juga bermanfaat untuk menjaga kekompakan dan keakraban antar lingkungan masyarakat. Ini karena saat melakukan kerja bakti, warga saling bekerja sama satu sama lain.

Saat melakukan kerja bakti juga semua saling tolong menolong untuk tujuan yang sama, yakni menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Dari sikap kerja sama dan saling tolong menolong ini, dapat terjalin kekompakan dan keakraban antar warga,"pungkasnya. (dn,imam)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper