suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Ratusan Personel, Amankan Perayaan Nataru di Kabupaten Gresik

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Gresik. (suarapublik.com) - Jelang pelaksanaan pengamanan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Forkopimda Kabupaten Gresik menggelar apel Operasi Lilin Semeru 2022 di halaman Kantor Bupati Gresik, Kamis (22/12/2022).

Operasi Lilin Semeru penting untuk menjaga Kamtibmas saat Natal dan Tahun Baru 2023 berjalan aman, lancar dan kondusif.

Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah berindak sebagai pemimpin upacara membacakan amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Apel Gelar Pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personel maupun sarana prasarana. dengan demikian, diharapkan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi, sehingga perayaan Natal 2022 serta Tahun Baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif.

Seperti kita ketahui bersama bahwa laju pertumbuhan Covid-19 di Indonesia sudah terkendali, sehingga pemerintah memberikan pelonggaran berbagai aktivitas masyarakat. termasuk Nataru dengan menetapkan seluruh wilayah berada pada PPKM Level 1.

Momentum Nataru selalu ditunggu tunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap penghujung tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya 

mobilitas masyarakat. hal tersebut sebagaimana hasil survei dari Kemenhub, bahwa diperkirakan akan ada 44,17 juta orang melakukan pergerakan pada Nataru

tahun ini. oleh sebab itu, Polri dengan dukungan TNI, K/L, Pemerintah Daerah, Mitra Kamtibmas serta stakeholder terkait menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan sandi Operasi Lilin 2022 selama 11 hari, mulai 23 Desember 2022 s.d. 2 Januari 2023, serta dilanjutkan dengan KRYD mulai 3 Januari s.d. 9 Januari 2023.

Wabup Gresik menyampaikan dalam Ops lilin Semeru 2022 menjelang nataru ada 600 personel gabungan yang bertugas.

"Ops Lilin Semeru 2022 memberikan keamanan, kenyamanan, masyarakat yang melaksanakan ibadah natal 2022, persiapan menyambut tahun baru," ujar Wabup Bu Min.

Kapolres Gresik AKBP Mochamad Nur Azis menambahkan sebanyak Enam pos. satu pos yan berdiri di Icon Mall Gresik dan lima pos pengamanan. Kemudian ada 19 pos pantau tersebar di sejumlah titik.

Pos pantau digunakan sewaktu-waktu dibutuhkan. pos pantau berdiri diantaranya di wisata religi, di pantai pasir putih dalegan. 

"Kita berdoa selalu di Gresik pada Natal dan Tahun Baru 2023 aman, tertib, terkendali. Kerjasama pelaksanaan sinergitas TNI-Polri mengamankan Natal dan Tahun Baru. semoga semuanya diberikan kelancaran," tukasnya.

Apel Ops Lilin Semeru 2022 berjalan lancar dan kondusif.(imam)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper