suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Peringati HUT SATPAM ke-42, Kapolres Gresik Berpesan Satpam Membantu Pelihara Kamtibmas

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

GRESIK (suarapublik.com) - Kapolres Gresik, AKBP Adhitya Panji Anom sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan HUT ke-42 Satuan Pengamanan (satpam). Upacara peringatan dilaksanakan di lapangan Mapores Gresik, Senin (30-01-2023).

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Gresik membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri mengucapkan selamat ulang tahun ke-42 kepada seluruh personel satuan pengamanan dimanapun bertugas. Dirinya berharap, satpam semakin aktif dalam membantu dan semakin optimal dalam melaksanakan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

Situasi Kamtibmas yang kondusif, tambah Kapolri, salah satu syarat dalam terselenggaranya proses pembangunan nasional guna mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.

“Polri menyadari bahwa dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat tidak bisa dilakukan sendiri. Sumber daya Polri sangat terbatas jika dibandingkan dengan tantangan petugas yang dihadapi.”

“Potensi masyarakat harus dikembangkan sehingga mampu memperkuat sistem keamanan melalui satuan pengamanan,” ujar Kapolri.

Kapolri juga menyadari peran penting yang dilakukan Satpam dalam membantu menjaga Kamtibmas di masyarakat. Seperti menjaga keamanan di kantor swasta, rumah, pabrik, gudang, perkantoran dan lainnya.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada rekan-rekan satpam atas dukungannya selama ini. Alhamdulillah saat ini laju pertumbuhan covid-19 dapat terkendali dan kita sudah memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi, ” jelas Kapolri.

Dalam rangka mendukung tugas Polri untuk menciptakan situasi yang kondusif, satpam dituntut untuk semakin profesional dan mampu memberikan kontribusi nyata di lingkungan tugasnya masing-masing.

Menyadari hal tersebut peningkatan peran satpam sebagai pengamanan swakarsa menjadi salah satu senjata dalam program transformasi menuju Polri yang presisi.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh anggota satpam, jasa pengamanan swasta, segenap stakeholder terkait lainnya atas kerjasama yang sinergis, sehingga situasi stabilitas Kamtibmas dapat terwujud,” tulis Kapolri.

Upacara juga dihadiri para Kabag, Kasat, PJU Polres Gresik dan perwakilan satpam serta para undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom memberikan penghargaan kepada Satpam yang berprestasi,kemudian dilanjutkan atraksi tongkat borgol Polri dan ketangkasan memecahkan balok es

Pada akhir acara dilanjutkan dengan tasyakuran Hut Satpam di Aula Wicaksana Laghawa dan ditutup dengan doa.

"Terimakasih atas kerja sama yang terjalin dengan baik selama ini bersama Polres Gresik, semoga kerjasama bisa terus terjaga dan lebih ditingkatkan lagi," Tutup Kapolres Gresik. (imam)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper