suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Desa Pandanan era Suryadi, Kades Muda yang Low profile

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard
Gresik,(suarapublik.com) - Di Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik sebuah lembaga kecil bernama Pemerintah Desa menempati posisi yang berhubungan langsung dengan bupati.

Sehingga tidak aneh jika desa paling familiar diperbincangkan.

Kedengarannya unik, tapi inilah konsep pembangunan Kabupaten Gresik yang sedang berkembang.

Tentu daerah butuh orang-orang “Desa” yang cekatan untuk mendukung pembangunan tersebut.

Maka tak ada salahnya jika mengenal siapa saja sosok orang Duduksampeyan yang bisa ditiru gaya militansi sosialita tanpa memandang dirinya seorang Kepala Desa.

Seolah sudah sangat hafal dengan kondisi lapangan, tak heran jika Kepala Desa Pandanan, Suryadi nampak agresif jika sedang beraksi ke penjuru wilayah.

Kades Suryadi yang mempunyai latar belakang seorang pengusaha, tak heran saat menjabat kades dirinya mampu mengendalikan desanya karena sudah mengalami pahit getirnya menjadi seorang pemimpin.

Jika mau mengikuti geraknya, berbaur dengan warga, selokan, dan sampah adalah cuaca yang biasa dihadapinya. Sosok Kepala Desa Pandanan ini memang masih muda tapi dia sudah lama dikenal oleh warga, khususnya warga Desa Pandanan sebagai orang yang hobinya berbaur dengan siapa saja, tidak hanya lingkungan yang diurusi, tapi juga aktif berkoordinasi ke Desa tetangga.

Merasa jadi orang desa, Suryadi memegang teguh prinsip komunikasi dan bersikap kekeluargaan antar warga adalah segala-segalanya. Begitulah kira-kira orang desa.

Kalau tidak salah menduga mungkin berkat kebiasaan itu, pada Pemilihan Kepala Desa tahun 2019 lalu, dirinya berhasil mendapat suara hampir mayoritas warga Desa.

Setelah menjadi Kades, lalu apa yang akan dilakukannya dalam rangka menyongsong Gresik menjadi Kota membangun, Persiapan sudah rapi disusun di otak sambil terus operasi lapangan.

Jika mendengar tuturannya panjang sekali. Tapi melihat aksinya selama ini, tak salah kira-kira seperti inilah yang namanya orang desa, kerja dan kerja. 

“Harapan saya rekan-rekan Kades bisa aktif berkomunikasi. Kalau ada masalah kita cari solusi bersama-sama,” ujar Suryadi yang juga ketua AKD Kecamatan Duduksampeyan, jumat (30/10).

Sampai berita ini diluncurkan, kades nyentrik yang cerdas dan irit bicara ini terlihat enjoy dalam mengendalikan pemerintahan Desa, mengedepankan kerja sama antar lini, merangkul semua elemen dan terbukti dengan kondusifnya wilayah Desa Pandanan. (IM /M)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper