suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Dari Proses Percaya Diri Hingga Raih Prestasi, SMP Negeri 3 Babat gelar Pameran P5 dan Pentas Seni

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard
Lamongan, suara-publik.com -Kegiatan pameran hasil P5 siswa kelas 7, hasil karya kelas 8 dan ujian praktek kelas 9 yang menitik beratkan pada mata pelajaran Bahasa Daerah ( Bahasa Jawa), Prakarya dan Seni Budaya di SMP Negeri 3 Babat berjalan sukses dan spektakuler. Jumat (10/2/2023).

Kepala sekolah SMP Negeri 3 Babat, Kacung Budi Santosa, S.Pd., M.Pd dalam sambutannya mengupas tentang kegiatan tersebut Adalah sebagai wadah penampilan kreatifitas siswa-siswi SMP Negeri 3 Babat. 

"acara ini sebagai wadah kreatifitas siswa siswi SMPN 3 Babat, semoga tahun depan semakin meningkat," ucapnya dalam sambutan.

Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lamongan, Ir. Munif Syarif, MM. Sekaligus juga akan dilaksanakan penerimaan hadiah bagi pemenang lomba antar SD/MI yang perlombaannya telah dilaksanakan pada tanggal 28 Januari sampai 1 Februari 2023 yaitu Tahfidz, Daur ulang, Poster, OSN, Futsal.

Acara ini dikemas melaksanakan program P5 kelas 7 kurikulum merdeka. Salah satunya adalah pameran karya siswa. Dalam P5 SMP Negeri 3 Babat telah melaksanakan tema Suara Demokrasi, Bhinneka Tunggal Ika pada semester ganjil, Kearifan lokal pada semester genap. Unggulan dari P5 kearifan lokal adalah ecoprint. Batik kain yang bernuansa herbal dan ramah lingkungan. Untuk kelas 8 menampilkan pameran hasil karya Seni Budaya, Sedangkan kelas 9 pentas seni sebagai ujian praktik Bahasa Jawa (Bahasa Daerah), Prakarya, dan pameran hasil karya Seni Budaya.

Dalam sambutannya, Kadis Pendidikan Kabupaten Lamongan, Ir. Munif Syarif, MM. Menuturkan jika tidak punya bekal percaya diri, tentu tidak bakalan bisa ber atraksi di atas panggung ini.

 “Sebagaimana fashion show yang tampak elegan tadi, kalau nggak percaya diri, saya yakin tidak bisa berlenggak-lenggok…” ungkapnya.

Setidaknya ada 22 atraksi panggung yang ditampilkan anak-anak kelas 9 kali ini. Sedangkan ruang pameran dibagi 4 kelas besar dengan tema yang berbeda :Kelas 9-A Adat Mantu. Kelas 9-B Sunatan, Kelas 9-C Wayangan Anak Ontang-anting. Kelas 9-D Upacara Nyadran.

Semua itu adalah aset budaya yang dimiliki bangsa Indonesia khususnya dari tanah jawa.

Diakhir acara, Kepala Dinas pendidikan Kab. lamongan Ir. Munif Syarif menyerahkan hadiah pemenang lomba antar SD/MI di sekitar SMP Negeri 3 Babat. 

Acara ini juga dihadiri oleh Dr. R. Chusnu Yuli Setyo, M.Pd. Kabid pendidikan SMP Kab. Lamongan, Drs. H. Hadi, M.Pd. Pengawas binaan SMP Negeri 3 Babat, Wasis, M.Pd. Korwil SD kec. Babat, Komite SMP N 3 Babat, Kepala SD/MI dan Guru SD/MI sekitar SMPN 3 Babat, Juara Lomba Antar SD/MI, Kepala Desa Gembong, Paguyuban kelas 7,8,9, serta siswa siswi SMP Negeri 3 Babat.

Seluruh Tamu Undangan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan SMP Negeri 3 Babat ini. (Im mhd)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper