suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Warga Delik Sumber Panik, Saat Panen Padi Banjir Melanda

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

GRESIK, SUARA PUBLIK. COM. Banjir terjadi di wilayah gresik selatan kini telah merendam pemukiman warga di saat musim panen tiba, dengan terjadinya banjir  para petani warga delik sumber sangat panik karena padi yang baru di panen masih di area persawahan dan ada yang terbawa arus kini warga banyak mengalami kerugian.

Seperti yang di alami pak siman warga dusun delik jelati saat panen tiba kini padinya terendam air dan itupun masih di tengah sawah belum bisa di bawah pulang. 

Selain merendam persawah, banjir juga masuk ke perkampungan warga, seperti yang di alami mariono warga delik sumber kini harus di rumah saja dan tidak bisa keluar rumah karena jalan yang di lalui penuh dengan air.

Banjir di perkirakan ketinggian 50 cm sampai 80 cm, akibat dari luapan kali lamong yang meluber, sehinga  menggenangi pemukiman warga yang ada di desa delik sumber, kecamatan benjeng, kabupaten gresik. Minggu, 19/2/23.

"juga ada beberapa desa di wilayah kecamatan benjeng yang terendam banjir" seperti di desa sedapur klagen, desa lundo, desa bulang kulon, desa bengkelo, desa kedung rukem, desa munggugianti, desa benjeng, desa dermo, desa kelampok, desa kedung sekar. Desa karangan kidul, desa kalipadang dan banyak lagi di desa wilayah kecamatan balong panggang.

Banjir musiman memang sering terjadi di wilayah gersik selatan, setiap tahunnya, Sedangkan pemerintah kabupaten gresik sudah berupaya normalisasi pengerukan dan siaga membenahi tanggul dari kali lamong yang jebol, akan tetapi curah hujan semakin deras dan tidak bisa menampung debit air semakin tinggi sehingga meluap ke pemukiman warga.

"Hampir 5 kecamatan tergenang banjir," yaitu kecamatan cerme, kecamatan benjeng, kecamatan balong panggang, kecamatan kedameaan, kecamatan mengganti dampak dari kali lamong yang meluap. 

Semoga ke depan, warga berharap pemerintah kabupaten gresik bisa menaggulangi becana banjir yang ada di daerah gresik selatan, pungkas imam, (mariono/imam)

 

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper