suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Dorong Stablilisasi Harga Ketika HBKN Ramadhan 2023, Disperindag Jatim Gelar Kegiatan Pasar Murah

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

SURABAYA, (suarapublik.com) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan sesuai arahan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa saat ini tengah menyelenggaraan kegiatan Pasar Murah secara serentak mulai tanggal 10-14 April 2023 di halaman Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Lingkup Timur dan UPT Disperindag Jatim yang tersebar di beberapa wilayah Kab/Kota di Jawa Timur.

Kali ini kegiatan Pasar Murah digelar oleh Disperindag Jatim melalui UPT Perlindungan Konsumen (PK) Surabaya bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Disperindag Jatim di Halaman Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur terhitung sejak tanggal 10-12 April 2023.

Pembukaan kegiatan Pasar Murah hari ini dihadiri oleh perwakilan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Jatim, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Disperindag Jatim, serta seluruh peserta pasar murah yang berasal dari BUMN, BUMD, produsen bapok, distributor, pelaku IKM/UKM , dan masyarakat umum.

100%100%

Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Plt. Sekertaris Dinas Perindustruan dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Yudi Ariyanto mewakili Bapak Kepala Dinas Perindustruan dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Iwan. 

Plt. Sekertaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Yudi Ariyanto mengatakan penyelenggaraan kegiatan pasar murah ini dilaksanakan dalam rangka stabilisasi harga pangan bertepatan dengan Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Ramadhan 1444 H.

“Gelaran pasar murah ini menjadi upaya yang dilakukan Pemprov Jatim untuk mengatasi inflasi saat HBKN Ramadhan 1444 H sekaligus menjual bapok bagi masyarakat dengan mengungkapkan harga yang terjangkau dan mempromosikan produk unggulan IKM Jawa Timur agar semakin dikenal luas oleh masyarakat,” Yudi. 

Yudi juga menjelaskan bahwa pada momen HBKN Ramadhan tahun ini terdapat beberapa komoditi bapok yang mengalami sedikit pergerakan harga seperti minyak goreng, beras, dan telur ayam namun pada dasarnya saat ini harga seluruh komoditi bapok dalam keadaan stabil dan ketersediannya aman serta mencukupi. 

Pada kegiatan Pasar Murah ini menjual berbagai kebutuhan masyarakat khususnya barang kebutuhan pokok antara lain beras, gula, tepung, minyak goreng, telur ayam, buah, produk garmen, produk asesoris, produk makanan dan minuman, bumbu dapur hingga motor listrik dengan harga yang terjangkau. 

Kegiatan Pasar Murah di lingkungan UPT Disperindag Jatim dilaksanakan di 14 UPT Dinas yang tersebar di Surabaya, Pasuruan, Malang, Kediri, Jember, Bojonegoro, dan Magetan. Selain itu Pasar Murah juga diselenggarakan di halaman kantor TP-PKK Provinsi Jawa Timur dan di UPT Disperindag Provinsi Jawa Timur. 

“Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Jawa Timur serta turut memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan kinerja ekonomi Jawa Timur,” pungkas Yudi. (Lanjutan/Merah)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper