suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Diarak Hadrah, Reog hingga Barongsai, NasDem Jatim Daftarkan Caleg ke KPU

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Surabaya - Dewan Pengurus Wilayah (DPW) NasDem Jawa Timur mendaftarkan Calon Legislatif (Caleg) ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim di Jalan Tenggilis, Surabaya, Kamis (11/5/2023).

Pendaftaran diiringi dengan sambutan Ketum NasDem Suryapaloh, berlanjut dengan doa bersama dan potong tumpeng di Kantor NasDem Jatim di Jalan Arjuno, Surabaya.

Baca Juga: Temukan Penggelembungan Suara, MPW PP Jatim Minta KPU Hapus Suara Siluman DPD RI di Sirekap Jatim

Dalam pesannya Suryapaloh mengatakan, NasDem memiliki target besar dalam Pemilu 2024, sebagai partai besar yang mampu membawa perubahan. Sehingga, ia meminta kepada seluruh Bacaleg untuk bergerak secara masif

"Kita memilik target jelas, kita akan memposisikan posisi partai kita sebagai rangking 4 dalam posisi yang ada di parpol hari ini," katanya.

Ia juga optimis, sebagai partai muda, komposisi Caleg yang ia susun akan membawa perubahan NasDem kedepan.

"Saya percaya, melihat komposisi para personifikasi caleg yang telah kita susun, Insyaallah sejarah akan mencatat partai nasdem, partai muda yang memberikan perubahan sebagai partai besar di negeri ini," tegas dia.

Pantauan di KPU Jatim, para Caleg nampak diarak dengan iringan musik hadrah, reog Ponorogo, hingga barongsai hingga menuju kantor KPU.

Ditemui usai mendaftarkan Caleg, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasdem Jatim Suhandoyo mengungkapkan, dari pendaftaran Bacaleg kali ini penuh dilakukan dengan cara yang sakral, karena serentak seluruh Indonesia.

Baca Juga: Polres Gresik Pastikan Pengamanan Masif Kotak Surat Suara di Tingkat PPK

"Kami melakukan pendaftaran serentak seluruh Indonesia. Kita daftarkan 120 caleg secara utuh," ujar Suhandoyo, dalam konferensi persnya di Kantor KPU Jatim.

Dari 120 Bacaleg Jatim ini, 35,3 persen terdiri dari kader perempuan. Jumlah ini tentunya melebihi batas minimal keterwakilan perempuan yang dipatok sebesar 30 persen.

"Keterwakilan perempuan kita 35,3 persen. Kita sangat memperhatikan kuota perempuan. Saya yakin perempuan kita dorong ke depan menjadi salah satu bagian memikirkan bangsa ini," katanya.

Handoyo menatap optimistis jika Bacaleg yang didaftarkan termasuk perempuan akan membawa Nasdem mendapatkan perolehan kursi yang signifikan. Tahun 2019, Nasdem punya sembilan kursi di DPRD Jatim.

Baca Juga: Kapolres Gresik: Alhamdulillah Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilu Serentak 2024 di Gresik Lancar

"Targetnya jadi juara. Di provinsi 19 kursi pada 2024" tegas dia.

Target ini, lanjut Handoyo, sangat realistis. Karena bacaleg yang didaftarkan sudah melalui penjaringan yang selektif dari partai. Dia memastikan kalau semua caleg Nasdem nantinya merupakan yang terbaik di dapilnya.

"120 orang adalah pilihan rakyat di Jawa Timur. Kami ambil orang yang baik. Partai Nasdem betul-betul dicintai masyarakat. Mereka yang terpilih akan sangat amanah," katanya.

"Semua jago, akan kompetisi secara sehat di antara caleg. Tidak perlu khawatir. Dia orang baik semuanya," pungkas dia.

Editor : suara-publik.com

suara-publik.com skyscraper