suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Tingkatkan Ekonomi Dan PAD, PemDes Randupadangan Bangun Kios Desa

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Gresik, suara-publik.com - Guna meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya dibidang UMKM, Pemerintah Desa Randupadangan, Kecamatan Menganti Gresik memfasilitasinya dengan membangun beberapa Kios yang nantinya dapat digunakan oleh masyarakat. 

Dari pengamatan, antusias masyarakat pelaku UMKM yang ingin menyewa kios tersebut cukup banyak, sedangkan jumlah kios yang dibangun tahun ini hanya 11 petak ditambah 2 petak untuk Toilet beserta material Kanopi.

"Kita lihat perkembangannya, banyak yang antusias tidak menutup kemungkinan ditahun-tahun yang akan datang kita bangun kios-kios lagi." Ungkap Kepala Desa Randupadangan, H.Anhar.

“Pembangunan kios tersebut, di laksanakan dalam rangka peningkatan kesejahteraan sekaligus mendorong jiwa kewirausahaan masyarakat, terutama para pelaku usaha yang bergerak di bidang perdagangan,” jelas H. Anhar.

H. Anhar menambahkan, Pembangunan kios desa sudah dimulai tahun 2021 lalu, dan dilanjutkan lagi di tahun ini secara bertahap.

“Pembangunan pasar desa berada dilahan yang strategis dan menyusun pertimbangan berdasarkan serta hasil musyawarah dengan BPD, LPMD, dan tokoh masyarakat, serta menjadi salah satu prioritas dari program kerja pemdes,” tambah H. Anhar.

Sedangkan tujuan dari pembangunan pasar desa, yakni sebagai peningkatan perekonomian masyarakat desa Randupadangan Disamping itu sebagai salah satu tempat usaha masyarakat desa serta peningkatan Pendapatan Asli Desa (PAD).

“Mudah-mudahan dengan adanya kios pasar ini, masyarakat lebih bersemangat untuk berwirausaha. Dan nantinya bisa juga menjadi penopang perekonomian keluarga, apalagi tempatnya yang strategis,” ucap H. Anhar.

Masih menurut H. Anhar, Pemdes Randupadangan berencana menambah dan mengembangkan pembangunan ekonomi Desa, Hal tersebut karena melihat animo masyarakat yang cukup tinggi.

“Untuk pengelolaan kios ini, nantinya akan di kelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes),” pungkasnya. (Mhd/im).

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper