suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Kapolres Gresik Bersama Forkopimda, Peringati Hari Lahir Pancasila

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard
Gresik. (suarapublik.com) - Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tanggal 01 Juni 2022, Kapolres Gresik AKBP Adhitya Panji Anom Gbersama forkopimda Kabupaten Gresik mengikuti upacara hari lahir Pancasila, halaman Kantor Bupati Gresik, Kamis (1/6/2023).

Sementara di Mapolres Gresik Wakapolres Gresik Kompol Erika Purwana Putra bertindak sebagai inspektur upacara. Diikuti PJU Polres Gresik dan Kapolsek jajaran.

Kapolres Gresik mengatakan, bahwa pada Hari ini tanggal 01 Juni 2023 merupakan momentum bersejarah bagi Bangsa Indonesia, pada tanggal ini setiap Tahunnya kita selalu memperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Ada berbagai cara dalam memaknai Peringatan Lahirnya Pancasila, yaitu mempelajari Nilai nilai yang terkadung dalam Pancasila seperti Toleransi beragama, menerima keberagaman dan perilaku cinta tanah air. Menerapkan Nilai Pancasila dalam kehidupan sehari hari.

Memaknai Hari Lahir Pancasila dengan menyikapi permasalahan dengan bijaksana. Harus bangga akan Budaya, Adat istiadat, Bahasa dan Keanekaragaman Negara Indonesia. Dengan dilaksanakan Upacara ini juga diharapkan dapat meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati, serta mengamalkan nilai nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, Berbabgsa dan Bernegara.

"Tetap jaga perdamaian, jaga persatuan dan jaga persaudaraan di antara kita, mari saling menghormati, saling toleran dan saling membantu untuk kepentingan Bangsa dan juga demi kemajuan Indonesia," ujarnya.

Alumnus Akpol 2002 ini menambahkan, harus menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Pancasila harus dipraktikan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia.

"Semoga melalui peringatan hari lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, prestasi," tukasnya.(imam)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper