suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Adakan Latihan Bersama, PSHT Cabang Gresik Gandeng Kodim 0817, Terkait Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Gresik, (suarapublik.com) - Adakan latihan bersama, Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Gresik menggandeng Kodim 0817 Gresik terkait Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara serta kegiatan Bakti Sosial berupa santunan kepada anak yatim piatu dan janda miskin bertempat di Makodim 0817 Gresik jalan RA. Kartini Kecamatan Kebomas Kabupaten Gresik pada Minggu (4/6/2023).

Kasdim 0817 Gresik sekaligus Danramil 0817/01 Driyorejo Kapten Inf. Bambang Kusharyanto mewakili Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar menyampaikan agar sebagai sesama anak bangsa harus saling asah asih dan asuh.

 Di Markas Kodim 0817, lebih lanjut Kasdim 0817 Gresik mengajak siswa Sabuk Putih PSHT untuk saling menjaga persatuan dan kesatuan, tetap jalin persaudaraan dengan rendah hati.

" Ilmu bela diri untuk membela diri bukan untuk adigang adigung dan adiguna. Bersama Babinmas dan Babinkamtibmas kita bangun negara ini agar menjadi maju dan jaya, " ujarnya.

100,%100,%

Sementara itu, Ketua Cabang Persaudaraan Setia Hati Terate Gresik Kangmas Sukamto pada kesempatan ini menyampaikan terima kasih kepada jajaran Kodim 0817 Gresik. 

" Dengan kegiatan ini, kerjasama tersebut makin solid, sehingga bisa sinergi bersama TNI Polri dan masyarakat. Kita bersatu padu untuk menjaga ketahanan dan persatuan untuk negeri yang kita cintai," terangnya.

Seperti apa yang disampaikan Kasdim 0817 Gresik, Kangmas Sukamto menegaskan bahwa sebagai sesama warga SH Terate untuk saling asah, asuh dan asih. Apabila ada saudara kita yang salah langkah, maka kita harus mengingatkan atau saling memberitahu, jangan sampai antara satu sama lainnya terjadi gesekan.

" Lebih-lebih sebagai warga SH Terate yang hidup di masyarakat, bagaimana saudara menjadi tauladan atau panutan. Ketika masuk SH Terate, harus bisa memahami tujuan SH Terate yaitu menjadi manusia berbudi luhur tahu benar dan tahu salah," jelasnya. 

Maka jangan sampai kelak ketika menjadi pendekar atau SH Terate, anda ternyata tidak mewujudkan tujuan SH Terate itu sendiri.  

" Kami mohon adik-adik ini bisa saling memahami dan saling mempelajari, karena di saat-saat ini perguruan pencak silat menjadi isu nasional, dimana banyak sekali permasalahan-permasalahan secara horisontal antara perguruan silat dengan perguruan silat, antara perguruan silat dengan masyarakat," pesannya.

Dan mohon dengan wawasan kebangsaan dan bela negara ini, harapan kami sebagai Ketua Cabang bisa menyadarkan saudara bahwa kita lahir di bumi nusantara ini atas usaha saudara adalah dibawah naungan merah putih. Untuk itu mulai sekarang kita hindari masalah, bukan kita takut dengan masalah. Tapi segala masalah harus diselesaikan dengan baik, pungkasnya.

Sebelum menutup sambutannya, kangmas Sukamto mengucapkan falsafah bahwa manusia bisa dihancurkan, manusia bisa dimatikan tetapi manusia tidak bisa dikalahkan, selama manusia itu setia pada hatinya sendiri atau ber-SH pada dirinya sendiri.

" Selama matahari bersinar, selama bumi dihuni manusia selama itu pula Persaudaraan Setia Hati Terate tetap Jaya." Tutupnya.

Besarnya gaung kegiatan ini, bahkan Dandim 0817 Gresik Letkol Inf Ahmad Saleh Rahanar yang semula ada acara penting di luar, masih menyempatkan diri menghadiri Kegiatan latihan bersama PSHT Cabang Gresik. 

 Beliau memberikan motivasi dan semangat serta mengajak yel-yel " SH Terate Jaya " pada siswa sabuk putih organisasi Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Gresik yang mengikuti latihan bersama di lapangan Makodim 0817 Gresik.

Dandim 0817 Gresik Letkol Inf. Ahmad Saleh Rahanar mengingatkan dengan banyak kejadian yang ditayangkan televisi, agar bisa mengambil hikmah positifnya. Untuk kita menjadi sabar dan bijaksana dalam mengayomi untuk sesama.

" Sebagai organisasi besar kita lebih mampu dari mereka, biarkan orang mencemooh. Namun lakukan yang terbaik bagi diri kita, keluarga kita, organisasi kita dan bangsa serta negara. Sebagai keluarga, mari kita tunjukkan bahwa kita masih lebih baik dari mereka ," pesannya.

Sebelum menutup sambutannya, Letkol Inf. Ahmad Saleh Rahanar mengajak siswa sabuk putih PSHT Cabang Gresik tahun 2023, " untuk menjadikan kegiatan ini menjadi kegiatan positif buat kita semua dan Kabupaten Gresik. Kita lihat hasilnya, tunjukkan siapa kita.  

Senada, dengan Ketua Cabang PSHT Cabang Gresik Kangmas Sukamto, Wakil Ketua I Bidang Organisasi Kangmas Muji mengatakan sebagai organisasi pencak silat terbesar sekaligus bagian dari warga negara Indonesia, maka kami perlu mendapatkan paparan wawasan kebangsaan dan bela negara. 

" Untuk itu, Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Gresik bekerjasama dengan Kodim 0817 Gresik melaksanakan latihan bersama dengan tema wawasan kebangsaan dan bela negara. Karena pada prinsipnya di Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, yang memahami tentang konsep bela negara adalah TNI. Apalagi kebetulan Dandim 0817 Gresik merupakan Ketua IPSI Gresik yang membawahi semua organisasi pencak silat di Kabupaten Gresik," ujarnya. (Imam)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper