suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Modus Kerjasama Rental Mobil, Yohanes Ditipu Rp.350 Juta, Ayuhan Sauul Dituntut 18 Bulan Bui

avatar suara-publik.com
Terdakwa Ayuhan Sauul Zazila (40), berprofesi sebagai Polri yang bertugas di Polres Sampang (kiri), Jaksa Siska Christina dan hakim ketua IGN.Putra Atmaja, agenda sidang tuntutan JPU, secara online,diruang Sari 3 PN.Surabaya, Senin (10/7/2023).
Terdakwa Ayuhan Sauul Zazila (40), berprofesi sebagai Polri yang bertugas di Polres Sampang (kiri), Jaksa Siska Christina dan hakim ketua IGN.Putra Atmaja, agenda sidang tuntutan JPU, secara online,diruang Sari 3 PN.Surabaya, Senin (10/7/2023).
suara-publik.com leaderboard

 SURABAYA, (suarapublik.com) - Terdakwa Ayuhan Sauul Zazila (40 th), berprofesi sebagai Polri yang bertugas di Polres Sampang, juga memiliki usaha persewaan mobil. Namun terdakwa melakukan penipuan terhadap saksi Yohanes Eko Widodo sebesar Rp. 350 juta.

Dalam tuntutan JPU Siska Christina, dari Kejari Tanjung Perak, menyatakan Terdakwa Ayuhan Sau'ul Zazila bin Wadjaroh, telah terbukti bersalah melakukan tindak pidana " Penipuan" Sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Dakwaan Pertama Pasal 378 KUHP. Menjatuhkan Pidana terhadap terdakwa Ayuhan Sau'ul Zazila bin Wadjaroh, dengan pidana penjara selama 1 Tahun dan 6 bulan penjara dikurangi selama Terdakwa berada dalam tahanan sementara dengan perintah terdakwa tetap ditahan.

 Menyatakan barang bukti, 1 unit mobil Suzuki Ertiga warna hitam metalik tahun 2012 No.Pol. L-1130-HL, An.Mardiana, jalan Margerejo Makam 38-G Surabaya dan 1 buah STNK mobil Suzuki Ertiga warna hitam metalik tahun 2012 No.Pol.: L-1130-HL, An.Mardiana alamat margerejo Makam 38-G Surabaya, dikembalikan kepada saksi Dr.Yohanes Eko Widodo A.Md.,S.Sos., S.H.,M.H.

Fotocopy BPKB mobil Suzuki Ertiga warna hitam metalik tahun 2012 No.Pol.: L-1130-HL, An.Mardiana.Fotocopy tanda terima / bukti serah terima kendaraan mobil Suzuki Ertiga No.Pol.: L-1130-HL tanggal 01 Juli 2019, Fotocopy surat pernyataan kesanggupan membawa dan mengembalikan fisik unit kendaraan kepada pemilik tanggal 23 Agustus 2019 dan Fotocopy surat tanda terima penyerahan 3 unit mobil kepada Subditprovos Bidropam Polda Jatim tanggal 15 Maret 2022.Tetap terlampir dalam berkas perkara.

Agenda lanjutan sidang kali ini dari penasehat hukum terdakwa Ayuhan mengajukan nota pembelaan (pledoi), yang dibacakan dalam persidangan, Senin (10/07/2023). Yang pada intinya menyatakan bahwa JPU tidak tepat mendalilkan terkait nama palsu, sedangkan terdakwa tidak menggunakan nama palsu, karena awalnya telah sepakat bisnis sewa mobil, tidak ada rangkaian kata bohong, terdakwa tidak ada kata muslihat, menurutnya terdakwa pernah memberikan keuntungan, hal tersebut merupakan Keperdataan.

Dengan kesimpulan, bukan perkara tindak pidana Pasal 378 KUHP, menggadaikan mobil bukan pada.unsur 378, tidak ada rangkaian kebohongan dan penipuan. Memohon bahwa terdakwa tidak terbukti bersalah dalam Pasal 378 KUHP, memohon Membebaskan terdakwa, kepada majelis hakim bahwa terdakwa telah mengembalikan 3 unit mobil ke Subditprovos Bidropam Polda Jatim. Terhadap pembelaan terdakwa Ayuhan Sauul Zazila, Jaksa Siska menaggapinya tetap pada tuntutan, " kami tetap pada tuntutan yang mulia, "Demikian pula terhadap tanggapan JPU, penasehat hukum terdakwa tetap pada pembelaannya," kami tetap pada pembelaan yang mulia," katanya. Hakim IGN.Putra Atmaja menunda sidang pada Senin 23/7 dengan agenda putusan.

Dalam dakwaan Jaksa, Bermula terdakwa sebagai Polri berdinas di Polres Sampang dan memiliki usaha sewa mobil. Namun terdakwa memiliki hutang uang sewa yang menunggu, sehingga terdakwa niat untuk memiliki barang milik saksi Yohanes Eko Widodo dengan menawarkan kerjasama sewa mobil dengan keuntungan sebesar 225 ribu perhari selama 2 bulan.

Lalu dengan tawaran tersebut, saksi Yohanes Eko Widodo percaya dan menyerahkan 1 unit mobil Suzuki Ertiga warna hitam metalik Nopol L1130HL an. Mardiana. Setelah itu terdakwa tidak memberikan uang sewa dengan alasan menunggu pembayaran uang sewa padahal mobil Suzuki Ertiga warna hitam metalik Nopol L1130 HL digadaikan kepada seseorang. "Akibatnya perbuatan terdakwa Yohanes Eko Widodo mengalami kerugian sebesar Rp 350 juta. Selain itu terdakwa diancam pidana dalam Pasal 378 KUHP. (sam)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper