suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Jatim Raih Penghargaan Lomba Video Kreatif BBWI di APPI 2023, Hudiyono : Hampir Setiap Orang Memegang Gawai Dengan Akses Jaringan Internet

avatar suara-publik.com
Teks Foto : Kadisbudpar Jatim Hudiyono saat menerima penghargaan Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 dari Kemenparekraf RI
Teks Foto : Kadisbudpar Jatim Hudiyono saat menerima penghargaan Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 dari Kemenparekraf RI
suara-publik.com leaderboard

SURABAYA, (suarapublik.com) - Pemerintah Provinsi Jawa Timur memborong penghargaan di ajang Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia (APPI) 2023 yang digelar Kemenparekraf RI. Jatim meraih tiga penghargaan sekaligus dalam lomba video kreatif BBWI atau Bangga Berwisata di Indonesia kategori provinsi. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahudin Uno di Jakarta pada Senin, (17/7/2023) malam. Penghargaan ini diterima oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur, Hudiyono mewakili Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Untuk tema Destinasi Wisata, Jatim menempati posisi pertama di atas Sumatera Barat, Kepulauan Riau, DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Lalu di tema Event Daerah, Jatim juga berada di puncak posisi pertama di atas Kepulauan Riau, Bali, Jawa Tengah dan Sumatera Barat. Sedangkan untuk tema kuliner, Jatim di posisi tiga di bawah Kalimantan Tengah dan Bali serta di atas Riau dan Maluku. "Alhamdulillah Jawa Timur mendominasi perolehan penghargaan APPI 2023. Penghargaan dari Kemenparekraf ini menjadi bukti bahwa mempromosikan potensi pariwisata lokal menjadi bagian yang sangat penting," kata Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, Kamis (20/7/2023), seperti di lansir detik.com.

Khofifah juga memuji sisi pemasaran wisata Jatim melalui produk digital. Menurutnya, hal ini baik untuk mempromosikan wisata hingga kuliner. "Kita lihat dari sisi digitalnya, ada juga lomba video pendek, dan penayangan dari beberapa wisata desa dan wilayah. Tentu hal ini sangat bagus untuk saling bisa mempromosikan wisata alam, budaya hingga kuliner Jawa Timur secara luas," imbuhnya.

Sementara itu, Kadisbudpar Jatim Hudiyono menambahkan, di era digital saat ini promosi pariwisata secara digital melalui video kreatif menjadi sebuah kebutuhan. "Hampir setiap orang memegang gawai dengan akses jaringan internet. Melihat media sosial dan berselancar di dunia maya. Dengan konsep video kreatif promosi pariwisata yang menarik dan sinematik, tentu akan memanjakan mata yang melihat. Efeknya, bisa menggugah selera untuk mencoba berwisata di Jawa Timur," jelasnya.

Adapun karya video kreatif BBWI Jawa Timur dibuat dan dikerjakan oleh para staf di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur. "Mereka anak-anak muda kreatif yang mencari ide, berdiskusi dan memproduksi video hingga proses penyuntingan gambar dan penanyangan. Hasilnya juga sangat keren, seperti teaser film bioskop. Semua bisa dilihat di media sosial Instagram dan Youtube Disbudpar Jatim," ungkapnya. Sebelumnya, Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas kreativitas pemerintah daerah dalam mempromosikan destinasi wisata daerah.

"Terutama destinasi wisata, event daerah yang sudah masuk KEN (Karisma Event Nusantara) atau belum, seni budaya yang sangat beragam hingga kuliner yang sangat unik dan menarik," tuturnya. Menurutnya, potensi industri pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki kemampuan enam kali lipat dalam menciptakan lapangan kerja dibanding sektor lain. "Di sektor parekraf ini mampu bertahan karena tangguh dengan kreativitas dan imajinasi dari para pelakunya. Pemerintah harus memberikan ruang agar mereka (anak-anak muda yang kreatif) mampu menciptakan terobosan," ujarnya.

Di akhir penganugerahan, Sandiaga Uno juga mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba video kreatif BBWI. Ia berharap inovasi dan kreativitas dari pemerintah daerah perlu ditingkatkan untuk mendukung target 1,4 Miliar kunjungan wisata dan 4,4 juta lapangan kerja dari sektor parekraf di tahun 2024 mendatang. (Dre/Adv)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper