suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Wujudkan Kemakmuran dan Kesejahteraan Warganya, Kades Sidomulyo Lamongan Bentuk Bumdes

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

LAMONGAN, (suarapublik.com)  -  Demi mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan warganya, dalam mengelola dana simpan pinjam di Desa Sidomulyo, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan, orang nomor satu di Desa Sidomulyo ini membentuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Hal ini diungkapkan Kepala Desa, H. Sohib, saat ditemui suarapublik.com di ruang kerjanya Balai Desa Sidomulyo, Selasa, (1/8/2023).

Dalam mengelola dana, menurut H. Sohib, tak hanya di buat sebagai simpan pinjam, namun, dana tersebut bisa di pakai untuk membeli pupuk melalui Kelompok Tani (Poktan). "Selain untuk simpan pinjam dana ini bisa membeli pupuk.Tentunya hal itu mendapat persetujuan dan bisa dipertanggung jawabkan," terang Kades H. Sohib.

 Dijelaskan H. Sohib, dalam membentuk sebuah usaha kecil yang dapat bermanfaat untuk kehidupan orang banyak tidak seperti membalikkan telapak tangan. Semuanya diperlukan kerjasama dan komitmen.

"Semua itu juga memerlukan proses mas. Saya mengumpulkan  8 kelompok tani, Gapoktan, Pengelola Bumdes, Kios Pupuk dan juga melibatkan Dinas Pertanian untuk menggelar musyawarah di balai desa," urainya

Lebih lanjut Ia menjelaskan, dari kesepakatan bersama yang telah disetujui ini, kemudian langkah selanjutnya membahas mengenai SK pengambilan pupuk dari masing masing kelompok tani. Tujuannya, supaya kelompok tani tidak di bebani dana untuk pengambilan pupuk karena sudah menggunakan dana Bumdes.

"Dari kesepakatan itu tiap pengambilan pupuk petani menambah Rp 10.000 yang nantinya uang itu akan di masukan ke kas Bumdes Rp 1000, dan kas Gapoktan Rp 1000 serta masing masing kelompok tani juga mendapat Rp 1000," ujarnya.

"Kini masyarakat petani sangat merasa terbantu untuk mendapatkan pupuk," tambah H.Sohib. 

Sebagai pertanggungjawaban tentang kas Bumdes, lanjut H. Sohib, semua masing masing kelompok tani dan Gapoktan agar membuat laporan pertanggung jawaban 2 tahun sekali kepada anggotanya. (Im/Mar)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper