suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Perubahan Lajur Ujian Praktik SIM Baru, Masyarakat : Sekarang Lebih Mudah

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

GRESIK, (suarapublik.com) - Perubahan lintasan baru ujian praktik mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C, untuk pengendara sepeda motor sudah diterapkan di Satpas Polres Gresik. Masyarakat memberikan respon positif dengan lintasan ujian praktik yang lebih mudah.

Kapolres Gresik, AKBP. Adhitya Panji Anom, melalui Kasat Lantas, AKP. agung Fitransyah menerangkan bahwa lintasan baru ujian praktik ini berubah dari yang sebelumnya membentuk angka 8 dan zig-zag, kini menjadi lintasan berbentuk huruf S.

"Alhamdulilah terkait perubahan tersebut, banyak masyarakat yang meresponsnya secara positif," ujar AKP Agung Selasa (08-08-2023)

Salah seorang pemohon SIM bernama Calvin dari Kecamatan Cerme menjelaskan untuk lintasan sirkuit yang baru lebih mudah dibanding lintasan yang lama.

"Lintasan praktik SIM ini memudahkan masyarakat membuat SIM  terima kasih pak polisi,"kata Calvin.

Hal yang sama juga diungkapkan Aisyah Putri Salsabila dalam tes hari ini, jauh lebih mudah daripada tes sebelumnya, termasuk dalam lintasan dan pengarahan dari polisi yang sudah menjelaskan dengan detail.

"Alhamdulilah sudah dua kali mengulang dan alhamdulillah di tes ketiga ini sudah berhasil. Semoga pembuat SIM baru nanti semakin banyak dan bersemangat," ungkap Salsabila

“Untuk lintasan yang terbaru ini lebih mudah daripada yang dulu karena dulu ada angka 8 dan zig zag. Kalau sekarang gak ada dan lintasannya lebih lebar dibanding yang dulu,” ujarnya lagi.

Bobby Firman Saputra asal Randuagung mengungkapkan lintasan baru ini Alhamdulillah sangat mudah sesuai dengan realita di jalan.

“Alhamdulilah sangat membantu. Jadi punya wawasan berkendara,” ujarnya.

Respons positif juga datang dari Muhammad nur Zakaria saya melakukan ujian tes SIM C di polres Gresik, kesan saya untuk lintasan yang terbaru ini adalah lebih mudah daripada yang kemarin, tapi kita tidak boleh memudahkan urusan apapun itu

"Kta harus mempersiapkan untuk melalui ujian ini, supaya bisa sukses dan lulus dengan sempurna,"pesan Zakaria

Sebelumnya diberitakan, Korps Lalu Lintas Polri mengatakan lajur baru ujian praktik untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM) C alias SIM motor bakal diterapkan di seluruh Tanah Air, pada Senin, 7 Agustus 2023. Lajur baru berbentuk huruf S.

Berikut ini detail perubahan sirkuit tersebut, yakni,
1. Perubahan lintasan menjadi sebuah sirkuit yang mengakomodir 4 materi ujian praktik dengan ukuran yang sudah diperlebar dan tanpa materi Zigzag test atau slalom test,

2. Uji membentuk angka 8 digantikan dengan uji membentuk huruf S,

3. Untuk ukuran lebar lintasan diperlebar dari ukuran lama 1,5 kali lebar kendaraan menjadi 2,5 kali lebar kendaraan. (Imam)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper