suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Perwakilan IKPNI Hadir Pada Upacara 17 Agustus di Kedung Jati

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Kedung Jati, (suarapublik.com) - Tahun 2023 ini, perwakilan IKPNI ( Ikatan Keluarga Pahlawan Nasional Indonesia  ) turut hadir di Upacara Bendera Memperingati Kemerdekaan Indonesia di lapangan Upacara Kedung Jati - Kecamatan Kedung Jati - Kabupaten Grobogan - Provinsi Jawa Tengah.

Bertindak sebagai inspeksi Upacara adalah Kuspriyati, S.STP.,  MH., selaku Kepala Kecamatan Kedung Jati, serta dihadiri oleh Komandan KORAMIL, Kepala POLSEK, anggota LVRI ( Legiun Veteran Republik Indonesia), seluruh Kepala Desa, dan tamu undangan di lingkungan Kecamatan  Kedung Jati.

Dalam upacara tersebut, Inspektur  Upacara membacakan sambutan tertulis dari Gubernur Jawa Tengah, yang berisi himbauan membangun Jawa Tengah serta menyampaikan salam perpisahan sebagai Gubernur Jawa Tengah yang akan segera berakhir.

Seusai Upacara, kemudian Inspektur Upacqra melanjutkan Tabur Bunga dan penanaman pohon oleh Kepala Kecamatan, Komandan KORAMIL,  serta Kepala POLSEK di Taman Makam Bhakti Pahlawan diikuti oleh seluruh rombongan. Di Taman Makam Bhakti Pahlawan, terlihat beberapa pusara, diantaranya yaitu : K. Hardjo Prayitno ( Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia ), Sri Soebekti ( Pejuang Kemerdekaan - yang tewas saat melawan penjajah bersama - sama Jenderal TNI L.B. Moerdani ), Kapt. ARM. R. Toeloes Reksokoesoemo dan pusara lainnya.

Usai acara Tabur Bunga tersebut, dilanjutkan dengan ramah tamah di Gedung BPLKMD yang diisi kegiatan berupa penyerahan buku dari IKPNI masing - masing kepada Kepala Kecamatan  serta Ketua LVRI. Kemudian penyerahan cindera mata kepada Kepala Kecamatan, Komandan KORAMIL, Kepala POLSEK, serta 5 orang anggota LVRI di Kecamatan Kedung Jati.

Bakti Sosial & Penghijauan

Sebagai rangkaian kegiatan Kemerdekaan Republik Indonesia, juga dilaksanakan Bakti Sosial oleh Kapten CBA Aniful Murtadlo, selaku Komandan KORAMIL  kepada 20 keluarga tidak mampu sebagai penerima paket SEMBAKO.

Kegiatan penghijauan juga dilaksanakan oleh Kepala Kecamatan, Komandan KORAMIL serta Kepala POLSEK dengan menanam 3 ( tiga ) pohon Kurma di situs SONDE.

Menurut informasi dari masyarakat Kedung Jati, bahwa situs SONDE adalah lokasi Sunan Kali Jaga ketika beristirahat dan bersandar ( ngaso lan semendhe ) pada sebuah pohon besar di tepi sungai Tuntang, saat dalam perjalanan menuju ke Demak, membawa kayu - kayu dari pohon Jati untuk membangun Masjid Demak.

SONDE Terbuka Untuk Masyarakat

Momentum peringatan 78 tahun kemerdekaan Indonesia itu, digunakan dengan penanaman pohon - pohon buah konsumsi di lokasi SONDE yang berada di lahan milik waris R. Soedjio Reksokoesoemo.

Pohon - pohon yang ditanam, seperti : Kurma, Mangga, Nangka, Belimbing, Jambu Kristal, Kelor, Buah Tin dan sebagainya.

Diharapkan, oleh ahli waris R. Soedjio Reksokoesoemo yang menjadi pemilik lahan tersebut, keberadaan SONDE menjadi lebih terbuka dan bermanfaat untuk masyarakat.

Kelak pohon - pohon buah konsumsi tersebut saat berbuah bisa dinikmati oleh masyarakat, dengan tetap menjaga kebersihan dan aktif memelihara SONDE sebagai RPTH ( Ruang Publik Terbuka Hijau ) dengan konsep TABURA ( Taman Buah Rakyat ).

Kedung Jati Membangun

Keberadaan Kecamatan Kedung Jati makin menarik untuk dibangun lebih sejahtera secara bersama - sama dengan seluruh perangkat kepentingan. Hal ini diungkapkan oleh Kuspriyati, S.STP.,  MH., selaku Kepala Kecamatan Kedung Jati.

"Kami bersama-sama seluruh perangkat kepentingan serta warga Kedung Jati yang diperantauan berkolaborasi untuk membangun wilayah ini menjadi sejahtera," ujar Kuspriyati, S.STP.,  MH.

Salah satunya, sesuai program dari pemerintah pusat yaitu pencegahan dan pemberantasan stunting, untuk wilayah kecamatan Kedung Jati tercatat ada 27 anak yang menjadi target bersama dalam pencegahan dan pemberantasan stunting. (redaksi/WNS)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper