suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Sempat Satu Tahun BPD Kosong, Kini 9 Anggota BPD Baru di Lantik

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

SAMPANG, (suarapublik.com) - Sempat kosong hampir satu tahun, kini 9 (sembilan) anggota BPD (Badan Pemusyawarakatan Desa) baru Banyuates dilantik oleh Asisten 1 Pemerintah Kabupaten Sampang. Hal ini membuat kinerja perangkat desa yang sempat terhambat menjadi lancar. Tak hanya itu, perangkat desa bersiap-siap akan menerima honor.

Pelantikan Sembilan Anggota BPD Banyuates sekaligus pengambilan sumpah jabatan berjalan dengan lancar dan khidmat di Pendopo Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, Rabu, (20/9/2023)

Darmanto selaku Asisten 1, saat memberikan sambutan mengatakan, bahwa fungsi BPD dalam peraturan desa ada tiga. 

"Fungsi BPD itu ada tiga, diantaranya, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa," kata Darmanto. 

Ia juga menyampaikan fungsi yang ke dua ialah, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa dan yang ke tiga melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa. Kalau tiga fungsi dijalankan insyaallah desa akan berkembang dengan baik," ucap Darmanto dalam sambutannya. 

Sementara itu, salah satu perangkat desa merasa senang. Sebab, dengan dilantiknya BPD yang baru otomatis honor perangkat akan segera cair.

"Alhamdulillah mas dengan dilantiknya BPD yang baru honor perangkat desa akan segera cair. Selain itu program dana desa akan berjalan dengan lancar, seperti pekerjaan fisik dan juga non fisik," ungkap salah satu perangkat desa. 

Sedangkan Pj Kades Banyuates, Yunita Dewi mengucapkan selamat kepada BPD yang baru dilantik. 

"Selamat atas dilantiknya BPD Desa Banyuates periode tahun 2023-2029, harapan saya untuk BPD bisa berperan aktif dan bekerja sesuai tupoksinya, semoga dengan dilantiknya BPD bisa memberi nuansa baru, semangat, energi positif, inovatif untuk kemajuan desa," kata Yunita.

Yunita juga mengungkapkan, BPD merupakan unsur penyeimbang dan pengawas kebijakan Pemdes diharapkan bisa sejalan dan seiring pada tujuan untuk mengutamakan kepentingan rakyat," ungkap Yunita.

Ia juga menegaskan terkait gaji perangkat akan segera cair dan juga program desa akan segera berjalan. 

"Setelah dilantiknya BPD Banyuates gaji perangkat desa akan segera cair dan program yang berhubungan dengan dana desa 2023 akan segera berjalan. Mohon doa serta dukungannya dari semua lapisan elemen masyarakat," tegasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas DPMD Sampang, Kasat Intel Polres Sampang dan juga jajaran Forum Pimpinan Kecamatan Banyuates yang dikomandoi oleh Fajar Sidiq, Camat Banyuates. (Lex)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper