suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Jelang Ramadhan, Pemprov Jatim Gelar Pasar Murah Produk Kelautan dan Perikanan

Foto: Kepala Dinas DKP Prov. Jatim, Isa Anshori saat meninjau pasar murah produk kelautan dan perikanan di halaman Kantor Gubernur Jatim
Foto: Kepala Dinas DKP Prov. Jatim, Isa Anshori saat meninjau pasar murah produk kelautan dan perikanan di halaman Kantor Gubernur Jatim
suara-publik.com leaderboard

SURABAYA, (suara-publik.com) - Menjelang Bulan Suci Ramadan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur (Jatim) menggelar pasar murah di halaman Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan Surabaya, Jumat, (8/3/2024).

Kepala DKP Jatim, Muhammad Isa Anshori mengatakan, kegiatan ini melibatkan beberapa dinas di lingkungan Provinsi Jatim yaitu Dinas Peternakan dan Perkebunan. "Pasar murah ini inisiatif dari Bapak Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono. Dalam rangka promosi, edukasi, dan peningkatan jejaring kemitraan, serta pemasaran produk kelautan dan perikanan,” katanya.

Pasar murah kali ini, menyediakan sejumlah bahan kebutuhan pokok yang dijual di bawah harga pasar. Salah satunya beras sebanyak 3 ton langsung habis dalam kurun waktu kurang dari tiga jam. Selain itu, juga disalurkan bantuan sosial sebanyak 250 paket sembako kepada masyarakat di sekitar Kantor Gubernur.

Karena yang menggelar kegiatan pasar murah adalah DKP, maka turut dijual berbagai ikan segar dan udang. "Kita juga sedang menggalakkan makan ikan. Ikan-ikan ini bisa meningkatkan gizi," ucap Isa Anshori.

Di sela penyelenggaraan pasar murah, dilakukan penandatanganan kesepakatan (MoU) antara pelaku UMKM dengan investor yang akan memberi bantuan modal kerupuk.

Menurut Isa, penjualan kerupuk dalam penandatanganan MoU tersebut nanti akan difasilitasi sampai ke Kalimantan."Banyak juga kegiatan yang bersifat edukasi dalam penyelenggaraan pasar murah ini. Salah satunya kami menggelar cooking class untuk mengedukasi masyarakat," tuturnya

Pasar Murah Produk Kelautan dan Perikanan ini menghadirkan 30 peserta UPI/UMKM perikanan, serta OPD terkait penyedia bahan pokok, seperti Dinas Peternakan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Selain itu, juga diikuti UKM-UKM binaan Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim. (Red)

Editor : suarapublik

suara-publik.com skyscraper