suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Ratusan KPM Desa Gempol Kurung Terima Bantuan Beras dari Bapanas

suara-publik.com leaderboard

GRESIK, (suara-publik.com) - Ratusan warga Desa Gempol Kurung,  Kecamatan Menganti, Gresik hari ini Selasa, (26/03/2024) menerima bantuan beras dari Badan Pangan Nasioanal (BAPANAS) yang bekerjsama dengan Bulog (Badan urusan logistik ).

Penyaluran bantuan beras ini disalurkan melalui pemerintah desa (Pemdes) Gempol Kurung. Penyaluran bantuan beras ini dimulai pukul 09.00 wib hingga pukul 12.00.

KPM ( Keluarga penerima manfaat) ini merupakan keluarga kurang mampu. Adapun secara teknis updating dilakukan pemerintah pusat ialah melalui mekanisme verifikasi P3KE di Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

Kegiatan tersebut diawali dengan Musyawarah Desa (Musdes) yang dilakukan secara berkala. Selanjutnya Bappeda akan melaporkan update-nya ke Kemenko PMK.

Menurut Kepala Desa Gempol Kurung, Nuriyadi, program bantuan pangan ini bertujuan untuk membantu mengurangi beban biaya belanja bahan pokok penerima dan untuk menangani kemiskinan ekstrem.

Selain itu, bantuan ini juga diharapkan bisa mengurangi tekanan harga beras dan mengendalikan laju inflasi. Untuk pencariannya, KPM harus membawa foto copy KK dan KTP asli.

"Salah satu tujuan bantuan beras ini untuk menekan harga beras di pasar," kata Nuriyadi.

Lanjut Nuriyadi, dengan dilaksanakannya penyaluran bantuan beras ini, pemerintah desa Gempol Kurung berharap agar masyarakat desa Gempol Kurung yang membutuhkan dan terdampak kenaikan harga beras bisa sedikit terbantu dalam memenuhi kebutuhan pokoknya.

"Semoga program ini bisa sedikit meringankan beban masyarakat dalam hal kebutuhan pokok," pungkasnya. (Imam)

Editor : suarapublik

suara-publik.com skyscraper