suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Tanggapi Laporan Warga, Tim URC Bima DPUTR Gresik Langsung Perbaiki Jalan Rusak di Desa Bulang Kulon

suara-publik.com leaderboard

GRESIK, (suara-publik.com) - Kinerja tim URC (Unit Reaksi Cepat) Bima, DPUTR (Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) Kabupaten Gresik patut di apresiasi. Pasalnya, instansi yang menangani jalan, saluran maupun jembatan ini langsung merespon cepat atas laporan warga di wilayah Desa Bulang karena jalannya rusak.

"Saat itu mendapati laporan dari warga Desa Bulang Kulon, Imam Safii, pada hari Selasa, (14/5/2024) bahwa ada jalan paving yang rusak perlu di perbaiki segera. Kami bersama tim URC Bima langsung gerak cepat memperbaiki jalan paving yang sudah rusak di ruas Jalan Munggugianti - Glinda di wilayah Desa Bulang Kulon itu," ungkap Kepala Dinas PUTR, Dhiannita Tri Astuti, S.ST, M.MT melalui Koordinator Tim URC Bima, Samsul Bachri, Rabu, (29/5/2024).

Samsul mengatakan, berdasarkan laporan hari itu juga, pihaknya langsung survey dilokasi jalan yang rusak tersebut. Banyak ditemukan paving yang ambles ke dalam. "Pada hari Rabu, (15/5/2024) langsung kami kerjakan. Jalan itu terlihat bergelombang, di akibatkan pergerakan tanah dan tonase muatan matrial yang sangat berat," terangnya.

Lebih lanjut Samsul mengatakan, bahwa program ini menjadi atensi dari Bupati Gresik mengenai persoalan jalan rusak di wilayah Kabupaten Gresik.

"Sesuai arahan dari Bapak Bupati Gresik, H. Fandi Achmad Yani agar memantapkan kualitas jalan di wilayah masing-masing. Otomatis kegiatan rutinitas ini di lapangan tenaga URC, Kami tetap melakukan penyisiran dan perbaikan tambal sulam pada jalan yang berlobang akibat banjir," kata Samsul Bachri.

Menurutnya, perbaikan jalan masih berlangsung sembari menunggu proyek tender perbaikan jalan yang berlangsung di BLP. "Meski tak semuanya, setidaknya perbaikan dilakukan di beberapa titik yang masuk kategori rusak berat," paparnya.

"Seperti perbaikan di ruas Jalan Kedamean - Mojowuku. Masih banyak lagi dari tim URC Bima setiap hari keliling untuk menyisir jalan yang berlubang di wilayah Kabupaten Gresik," tambah Samsul.

Samsul Bachri yang akrab dipanggil H. Sukro menyampaikan melalui Fahmi untuk mengkoordinir pembenahan jalan rusak yang ada di Desa Bulang Kulon. Selain itu, tuturnya, bahwa pemeliharaan jalan oleh tenaga URC, agar memperlancar pengguna jalan seperti anak sekolah agar tetap lancar. Apalagi jalan tersebut banyak anak sekolah ke SMPN 28 Balongmojo Kecamatan Benjeng.

"Di situ juga banyak pengguna jalan ke arah Pondok Mambhus Sholikin 2 yang sering melintasi jalan tersebut. Pemeliharaan jalan masih tetap berjalan agar pengguna jalan khususnya anak-anak sekolah bisa melakukan perjalanan dengan aman dan lancar," pungkasnya. (mam/mar)

Editor : suarapublik

suara-publik.com skyscraper