suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Pengedar Ganja 12 Gram Dihukum 4 Tahun 2 Bulan Bui, Denda Rp1 Miliar, Ahmad Amirudin Nyatakan Banding

Foto: Terdakwa Ahmad Amirudin Masykuri (kiri), PH, Terdakwa Victor Sinaga, dan JPU Robiatul Adawiyah, dengan agenda sidang putusan hakim, di PN Surabaya secara Vcall
Foto: Terdakwa Ahmad Amirudin Masykuri (kiri), PH, Terdakwa Victor Sinaga, dan JPU Robiatul Adawiyah, dengan agenda sidang putusan hakim, di PN Surabaya secara Vcall
suara-publik.com leaderboard

SURABAYA, (suara-publik.com) - Sidang perkara pidana penyalahgunaan Narkotika jenis daun ganja, sebanyak 12 Gram lebih, membeli dari Figur Prasetyo seharga Rp600 ribu di Lumajang, untuk diedarkan kembali, dengan Terdakwa Ahmad Amirudin Masykuri bin Moh. Tauqul Anwar, di Ruang Kartika 2 Pengadilan Negeri (PN) Surabaya secara Vidio Call.

Dalam agenda putusan yang dibacakan Ketua Majelis Hakim, Widiarso, mengadili, menyatakan, Terdakwa Ahmad Amirudin Masykuri terbukti bersalah melakukan tindak pidana Narkotika, secara tanpa hak atau melawan hukum menguasai Narkotika Golongan I dalam bentuk tanaman.

"Sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 111 ayat (1) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika."

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 4 tahun 2 bulan dan denda Rp1 Miliar, Subsider 3 bulan penjara, menetapkan masa penangkapan penahanan yang dijalani terdakwa dikurangkan dari pidana yang dijatuhkan, menetapkan terdakwa tetap berada dalam tahanan."

Menetapkan Barang Bukti, 1 plastik yang berisi ganja dengan berat 10,690 Gram, 1 bungkus kertas berisi ganja dengan berat 2,697 Gram,
1 tas warna coklat, 1 putung rokok yang berisi ganja dengan berat 0,092 Gram dan 1 handphone Redmi warna putih, untuk dimusnahkan.

Putusan hakim lebih ringan dari
tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Robiatul Adawiyah dari Kejari Tanjung Perak, dengan pidana 6 tahun dan 8 bulan, dan pidana denda Rp1 Miliar, Subsider 6 bulan penjara.

Terhadap tuntutan JPU, Terdakwa Achmad Aminudin yang didampingi Penasehat Hukumnya, Victor Sinaga dan Partner, akan mengajukan banding, "Kami akan mengajukan banding yang mulia," katanya.

Diketahui, pada hari Jumat, 2 Februari 2024, Terdakwa Ahmad Amirudin Masykuri menghubungi Figur Prasetyo (berkas penuntutan terpisah), lewat WA untuk membeli ganja Rp600 ribu, pembayaran jika sudah ada uang.

Terdakwa diminta Figur Prasetyo mengambil ganja di Rumahnya Dusun Sambirejo, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Sesampai di lokasi Jam 19:00 Wib, terdakwa menerima 1 plastik ganja dari Figur. Sebagian ganja akan dipakai sendiri sebagian dijual ke Nera (DPO).

Sabtu, 03 Februari 2024, Jam18:00 Wib, di rumah Jalan Yosowilangun Lumajang, saat terdakwa sedang menggunakan ganja, terdakwa ditangkap oleh Saksi Oki Ari Saputra dan Yogi Indrayudistira anggota Polrestabes Surabaya.

Dilakukan penggeledahan ditemukan barang bukti, 1 plastik berisi ganja seberat netto ± 10,690 Gram dan 1 bungkus kertas berisi ganja seberat netto ± 2,697 Gram di dalam tas warna coklat, 1 putung rokok yang berisi ganja seberat netto ± 0,092 Gram dan 1 Handphone Redmi putih berada di atas meja tamu. (sam)

Editor : suarapublik

suara-publik.com skyscraper