suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Kasi Intel Kejari Bondowoso: Kades Harus Hati-Hati Kelola Dana DD dan ADD

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Dilaporkan oleh : Hery Masduki

BONDOWOSO, (Suara Publik) - Banyaknya kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan oleh KPK di sejumlah daerah akhir-akhir ini, dan tidak menutup kemungkinan akan merembet  ke Bondowoso, dalam kasus  korupsi DD (Dana Desa) dan ADD (Alokasi Dana Desa) oleh para Kepala Desa (Kades),  apalagi sudah banyak Kades yang menjadi terpidana dalam kasus korupsi didesa.

Agar kasus itu tidak terjadi, Kejaksaan Negeri Bondowoso mengingatkan kembali terhadap para Kades agar mengelola keuangan desa sesuai peruntukannya, apalagi sudah ada sistem aplikasi yang memudahkan dalam pengelolaan keuangan desa yang dibuat oleh pemkab sehingga kesalahan bisa diminimalisir.

Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi (Kasi) Intel Kejari Bondowoso, Hadi Marsudiono,SH kepada seluruh Kades, BPD dan Perangkat Desa dalam beberapa acara sosialisasi Kesadaran Hukum (Kadarkum) yang diadakan di beberapa kecamatan di Bondowoso.

“Sesuai dengan aturan yang berlaku, seluruh pengelolaan DD dan ADD harus transparan dan harus sesuai peruntukannya.  Dan seluruh masyarakat desa setempat juga berhak melakukan pengawasan terhadap seluruh penggunaan DD dan ADD ”, kata Hadi.

Hadi menegaskan, kalau pengelolaan DD dan ADD tidak transparan, akan menimbulkan kecurigaan semua pihak, termasuk dari Kejaksaan sebagai penegak hukum. Maka dari itu, lebih baik bekerja sesuai aturan. Selain iru, ia juga menyarankan pada seluruh Kades, agar bekerja sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya yakin, dalam pengelolaan ADD dan DD ada Juklak (Petunjuk Pelaksanaan) dan Juknis (Petunjuk Tehnis)-nya,”ujarnya. Kalau para Kades, tambahnya, dalam mengelola ADD dan DD sudah sesuai dengan Juklak dan Juknis dan diselaraskan dengan perundang-undangan yang berlaku, itu akan lebih baik dan menguntungkan Kades dan masyarakat.

“Tentu kita sangat berharap agar, kasus Kades yang terjadi di beberapa daerah tidak menimpa para kades yang ada di Bondwoso, dengan catatan harus berkerja yang baik jangan melanggar dan mealawan hukum,”imbuhnya. (her)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper