suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Kejar Target, Sekcam Pujer Gencar Lakukan Evaluasi PBB di Pedesaan.

avatar suara-publik.com
Foto: Sekcam Pujer saat di Desa Pejayan
Foto: Sekcam Pujer saat di Desa Pejayan
suara-publik.com leaderboard

Laporan : Redaksi.

BONDOWOSO, (Suara-Publik.Com) - Sekretaris Kecamatan Pujer, Wisnu Wardhana bersama jajarannya terus berupaya untuk menekan pajak kepada setiap desa, agar menjelang akhir tahun segera lunas. Menurut Sekcam Pujer, menjelang pelunasan PBB tahun 2018, pihaknya terus gencar melakukan evaluasi kesejumlah Desa di Kecamatan Pujer, dan evaluasi ini tidak hanya dilakukan untuk tahun 2018, tapi juga untuk tahun 2019.

"Saat ini kita melakukan evaluasi di desa Kejayan, karena didesa Kejayan baru mencapai 20 porsen dari baku pajak kurang lebih sebesar 78 juta, "katanya.

Ditegaskan, pembayaran pajak harus tepat waktu dan segera di selesaikan sesuai jangka waktu yang sudah di tentukan. Kata Wisnu, PBB di kenakan terhadap objek pajak berupa tanah atau bangunan yang didasarkan azas kenikmatan dan manfaat, pajak tersebut harus di bayar setiap tahun. Sebab, PBB pengenaannya di dasarkan pada UU Nomor 12 tahun 1985 tentang pajak bumi dan bangunan sebagai mana telah di ubah dengan UU No.12 tahun 1994.

Dalam perkembangannya, sambung Wisnu, PBB sektor pedesan dan perkotaan menjadi pajak daerah yang di dalam UU Nomor 28 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah (PDRD) pasal 77 sampai dengan pasal 84 mulai tahun 2010. "Saya menyampaikan terima kasih pada pihak kepala desa dan perangkat desa yang telah bersedia hadir untuk menerima pengarahan serta wawasan tentang pajak,ā€¯ujarnya.

Diharapkan, dengan adanya evaluasi ini, pajak di tahun ini segera mencapai target 100 porsen, para Perangkat Desa harus lebih giat dan serius dalam penagihan pajak bumi dan bangunan.

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper