suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Pemkab Situbondo Sosialisasikan Penyesuaian Tarif Dasar Air PDAM.

avatar suara-publik.com
Foto: Sosialisasi kenaikan tarif dasar Air PDAM.
Foto: Sosialisasi kenaikan tarif dasar Air PDAM.
suara-publik.com leaderboard

Laporan : Edo Situbondo.

SITUBONDO, (suara-publik.com) - Dalam menyikapi tarif dasar Air Minum PDAM, Pemerintah Situbondo menggelar Sosialisasi tentang diberlakukannya tarif dasar air minum yang menagacu Permendagri No 71 tahin 2016.

H.Jamal Fajri Dirut PDAM Situbondo dalam rapat sosialisasi mengatakan, dalam penyesuaian tarif dasar air minum yang dilanjutkan dengan dialog bersama para narasumber, LSM dan para konsumen yang yang turut hadir dalam acara tersebut, Sabtu (24/11/2018).

Sosialisasi yang bertujuan untuk memberi pemahaman terhadap masyarakat bahwa aturan pemerintah seperti yang diketahui bahwa air minum merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat keseluruhan, 32 ribu pelanggan di kqbupaten Situbondo.

"Tentu masyarakat berharap untuk tarif air minum di Situbondo dari Rp 1.350 ribu rencana akan di naikan menjadi Rp 1.750 ribu," katanya. Dalam sosialisasi ini, kata Jamal, diharap seluruh konsumen yang ada di Situbondo agar supaya lebih mengerti tentang tarif dasar air minum PDAM.

Menurutnya, untuk penyesuaian tarif dasar air PDAM di Pemerintah Situbondo, ada beberapa aspek untuk penyesuaian tarif tersebut yakni, TDL, Inflasi, harga suku cadang atau peralatan semakin meningkat harganya. Sehingga subsidi juga semakin besar diterima oleh pelanggan Rumah tangga, selain klasifikasi komersil dan usaha.

Hal ini akan berpengaruh juga dengan kinerja PDAM termasuk dalam meningkatkan jasa pelayanan.

Lebih jauh Jamal Menjelaskan, bila tarif penyesuaian ini tidak dilakukan akan berdampak kerugian penjualan air makin tinggi karena pemeliharaan Fispra tidak akan maksimal. Disamping itu kemapuan berinvestasi makin rendah. "Dibandingkan dengan tarif air di Kabupaten lain di tapal kuda Situbondo paling murah, " ujar Jamal.

Masih Jamal. Jika hal tarif tidak di sesuai dengan angak belanja peralatan yang makin tinggi PDAM akan gulung tikar. "Oleh karena butuh penyesuaian tarif air akan tetapi tidak memberatkan pelanggan atau konsumen,"tegasnya.

Dalam acara sosialisasi tersebut dihadiri oleh Direktur PDAM Situbondo H. Jamal Fajri dan jajarannya serta beberapa unsur LSM dan Wartawan Di Kantor PDAM Situbondo.

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper