suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

PAMAN DAN PONAKAN PESTA SABU, INA WINA DAN IQBAL DITUNTUT JAKSA 3 TAHUN BUI

avatar suara-publik.com
Foto: Iqbal dan Ina mendengarkan tuntutan JPU di ruang Garuda 1 PN Surabaya, secara online, Rabu (27/04/2022).
Foto: Iqbal dan Ina mendengarkan tuntutan JPU di ruang Garuda 1 PN Surabaya, secara online, Rabu (27/04/2022).
suara-publik.com leaderboard
Surabaya, suara publik - Ina Wina (43) didakwa menyalahgunakan narkotika jenis sabu. Tak sendiri, warga Jalan Ubi, Wonokromo itu mengajak keponakannya Iqbal Alfu (21) untuk berpesta sabu. Atas perbuatannya, Jaksa menuntut keduanya dengan pidana penjara selama 3 tahun.

Dalam amar tuntutannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Anggraini menyatakan para terdakwa telah terbukti melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika sabu seberat netto 0,105 gram bagi diri sendiri.

"Menuntut, memohon kepada majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara ini menyatakan terdakwa Ina Wina dan Iqbal Alfu telah terbukti bersalah melanggar pasal 127 ayat (1) UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika," ucap JPU dari Kejari Surabaya tersebut, Rabu (27/04/2022).

Terhadap tuntutan tersebut, melalui pengacaranya Roni Bahmari, kedua terdakwa memohon keringanan dalam pembelaannya. "Kami mohon dihukum seringan-ringannya Yang Mulia," kata Roni kepada majelis hakim yang diketuai Ketut Suarta. 

Diberitakan sebelumnya, dalam dakwaan JPU disebutkan awalnya pada Rabu (19/4) pukul 18.30 terdakwa Ina mengajak Iqbal patungan untuk membeli sabu. Rencana Ina disetujui oleh keponakannya itu. Terkumpul uang sebesar Rp 200 ribu. 

Ina kemudian menghubungi Arifin (DPO) dengan tujuan akan membeli sabu sebanyak satu poket. Keduanya lalu berangkat ke tempat yang telah disepakati yaitu Gang Makam Bendul Merisi Kec. Wonocolo Surabaya.

Setelah memperoleh sabu seberat 0,36 gram dari Arifin, keduanya lalu pulang. Naas saat berada di Jalan Ubi 4 para terdakwa ditangkap oleh anggota kepolisian Satreskoba Surabaya. Dari tangan kedua terdakwa ditemukan barang bukti sabu dan HP milik Iqbal.(Sam)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper