suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

PATUNGAN BELI SABU SEBANYAK 1 GRAM, SEHARGA Rp. 1 JUTA, ISA DAN PUDJI DIDAKWA SEBAGAI PENGEDAR

avatar suara-publik.com
Foto: Terdakwa Isa Rahmatullah dan Pudji Santoso, menjalani sidang di ruang Candra PN.Surabaya, secara online Senin (20/06/2022).
Foto: Terdakwa Isa Rahmatullah dan Pudji Santoso, menjalani sidang di ruang Candra PN.Surabaya, secara online Senin (20/06/2022).
suara-publik.com leaderboard
Surabaya, suara publik - Sidang perkara penyalahgunaan narkotika jenis sabu seberat 1 gram, dibeli cara patungan oleh para terdakwa Isa Rahmatullah Nazir bin Achmad Bajuri bersama dengan terdakwa Pudji Santoso bin Hadi Sujarmun, diruang Candra PN.Surabaya, secara online, Senin (20/06/2022).

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Hasan Efendi dari Kejari Tanjung Perak, menyatakan para terdakwa telah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika jenis sabu yang "tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual , membeli, menerima, menjadi perantara dalam jual, beli, menukar atau menyerahkan Narkotika golongan I bukan tanaman jenis sabu sabu."

Sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 114 Ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika Jo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dalam dakwaan jaksa, pada awalnya terdakwa Pudji Santoso datang kerumah terdakwa Isa Rahmatullah Nazir di jalan Simo jawar 1/152 Simomulyo Surabaya.Lalu keduanya sepakat untuk membeli sabu dengan cara patungan, masing- masing Rp.500 ribu.

Setelah uang terkumpul Rp. 1juta, Pudji lalu menghubungi Yosep (DPO), dan berkata " cak saya butuh 1 gram ," dan dijawab " ya kamu transfer dulu uangnya,nanti kamu dihubungi orangku,"

Selanjutnya Pudji tranfer ke rekening Yosep (DPO), dan Pudji disuruh mengambil barang ditempat biasanya.Lalu Pudji memerinta Isa Rahmatullah untuk berangkat ke Krian Sidoarjo untuk mengambil sabu.

Setelah sabu diambil yang diletakan dibawah pohon, dibungkus rokok Surya di tempat yang ditentukan, selanjutnya oleh Isa dibawa ke rumahnya, lalu dibawa ke rumah Pudji di jalan simo jawar 1/152 Simomulyo Surabaya.

Lalu sabu dibagi dua masing- masing 1/2 gram. Selanjutnya pada hari Sabtu tanggal 26 Pebruari 2022 sekitar pukul 07.00 Wib, para terdakwa didatangi oleh saksi Novian dan Husni petugas Polres Pelabuhan Tanjung Perak melakukan penangkapan serta Penggeledahan pada terdakwa Isa dalam pakaiannya diuemukan sabu 0,33 gram, dan pada terdakwa Pudji ditemukan sabu dalam rumahnya seberat 0,40 gram, yang diakui milik mereka berdua.(Sam)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper