suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Nataru 2023 Kerahkan 48 Armada, PT DLU Prediksi Naik 3-5 Persen

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

 

SURABAYA (suara-publik.com) - Persiapan libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 ini, PT Dharma Lautan Utama (DLU) telah mempersiapkan 48 unit armada. Bahkan diprediksi Nataru tahun 2023 jika dibanding nataru tahun lalu sekitar kenaikan 3-5%. Sementara jika dibandingkan dengan muatan harian naik sekitar 20%.  

Direktur Operasi dan Usaha PT Dharma Lautan Utama (DLU) Rahmatika Ardianto, dalam jumpa persnya, di kantornya Surabaya, Senin (18/12/2023) mengatakan, PT DLU telah mengadakan rapat koordinasi direksi dengan selurug manajer cabang guna membahas antisipasi cuaca buruk dan persiapan menghadapi angkutan natal/tahun baru 2023/2024 pada tanggal 27 Okt 2023. “Rakor tersebut diadakan jauh hari agar didapatkan persiapan maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna jasa,” ujarnya.

Dalam rapat tersebut, katanya, dikoordinasikan terkait kesiapan SDM, Armada dan juga terkait service atau pelayanan. Untuk SDM disiapkan secara jumlah dan kualitas serta kemampuan dalam mengantisipasi kondisi cuaca buruk yg biasa terjadi pada akhir tahun. “Dari sisi armada DLU menyiapkan 48 unit armada. Dan juga selain layanan yang rutin diberikan, kami menyiapkan beberapa layanan tambahan dalam menyambut liburan ini, termasuk layanan buat anak-anak,” paparnya.

Untuk memprediksi peningkatan atau lonjakan baik penumpang maupun angkutan jalur laut libur Nataru, Rahmatika menyebutkan, untuk libur nataru kenaikannya tidak seperti pada angkutan lebaran. Dibanding nataru tahun lalu sekitar kenaikan 3-5%. Sementara jika dibandingkan dengan muatan harian naik sekitar 20%.

Lebih lanjut dia menjelaskan, upaya apa saja yang dilakukan untuk mengantisipasi cuaca buruk, dalam hal ini pihak DLU selalu rutin melakukan ramp check internal untuk semua armada, terutama untuk bagian-bagian yang beresiko kecoboran. Kemudian memastikan bahwa kondisi alat keselamatan berfungsi secara baik. ABK mempersiapkan diri sebaik mungkin dengan melakukan latihan-latihan keselamatan. 

“Sebenarnya dalam kondisi normal sudah dilakukan, tetapi intensitasnya akan lebih banyak ketika kondisi seperti ini. Selain itu juga diadakan simulasi keadaan berbahaya bersama dengan pelanggan,” jelasnya.

Untuk rute yang paling banyak diminati, Rahmatika mengatakan, rutenya terbanyak untuk angkutan penyeberangan, seperti Ketapang-Gilimanuk, Merak-Bakauheni, Lembar-Padangbai, serta angkutan laut ada surabaya-lembar-labuhan bajo dan lain-lain. (Kevin)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper