suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Pengurus PJS 2023-2025 Resmi Dilantik, Fares Reza Malik Terpilih Jadi Ketum yang ke 2 kali

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

SAMPANG, (suarapublik.com) - Pelantikan pengurus PJS Persatuan Jurnalis Sampang resmi dilantik, masa bhakti 2023-2025. Fares Reza Malik yang terpilih sebagai Ketua Asosiasi PJS tersebut. Prosesi pelantikan langsung di bacakan oleh penguji UKW Uji Kompetensi Jurnalis Dewan Pers di aula Hotel Panglima, Jalan Panglima Sudirman, Senin, (18/12/2023). 

Selain pelantikan, PJS juga menggelar diskusi publik atau FGD yang mengusung tema "Kukuhkan Independensi Untuk Kawal Demokrasi."Hal ini selaras dengan harapan dari ketua panitia FGD agar mencapai keseimbangan dalam demokrasi.

Hadir dalam acara tersebut, mulai dari unsur OPD Organisasi Perangkat Daerah, asosiasi pers se-Kabupaten Sampang, lembaga pers mahasiswa serta mahasiswa dari berbagai Kampus yang ada di kebupaten Sampang dan juga teman teman LSM.

Ketua panitia penyelenggara, Imron muslim mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah hadir dalam kegiatan tersebut, menurutnya kehadiran para undangan merupakan bentuk apresiasi yang nyata untuk kesuksesan acara yang digelar oleh persatuan jurnalis Sampang PJS.

"Kami atas nama semua panitia mengucapkan rasa terima kasih sebesar - besarnya kepada seluruh undangan yang hadir menyaksikan langsung prosesi pelantikan serta mengikuti FGD tersebut," ucap Imron.

Imron muslim juga menyampaikan sangat penting pesan moral nya, dalam tema yang di usung kukuhkan independensi untuk kawal demokrasi hal ini sengaja dipilih karena sebentar lagi memasuki pemilu, maka peran pers disitu sedang diuji profesional nya.

Disitu juga dibahas tentang bagaimana peran serta seorang jurnalis yang independen dan profesional, jadi laju demokrasi kita sekarang di tentukan bagaimana tulisan seorang jurnalis bisa berimbang. 

Dalam trias politika, menurut Imron memang ada yudikatif, legislatif serta eksekutif. namun peran pers disitu sama dengan ketiganya. 

"Selain yudikatif, legislatif dan eksekutif tentunya pers juga merupakan pilar ke empat dalam demokrasi, jurnalis atau pers merupakan profesi terhormat karena memiliki kode etik sendiri, makanya seorang jurnalis dalam menulis tidak boleh melenceng dari kode etik yang sudah di tetapkan oleh dewan pers," Imbuhnya.

Fares Reza Malik yang terpilih sebagai ketua PJS di tempat yang sama, juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak panitia penyelenggara FGD, menurutnya jerih payahnya adalah kunci kesuksesan acara pelantikan dan diskusi publik. "Terimakasih kepada seluruh pihak terutama panitia yang sudah berjibaku demi kesuksesan acara ini," tuturnya.

Ketua PJS Persatuan Jurnalis Sampang fares juga menghimbau kepada seluruh anggota yang sudah dilantik untuk terus menjaga Marwah pers. Dirinya juga berharap semua pengurus dan anggota PJS harus bisa menjaga nama baik organisasinya.

"Kita ini adalah kepanjangan tangan masyarakat menulis lah sesuai fakta di lapangan berpihaklah kepada masyarakat, karena mitra sesungguhnya seorang jurnalis adalah publik," imbuhnya. (Lex)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper