suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Tanggap, Siaga Cepat Dinas PUTR SDA Kabupaten Gresik Tangani Pintu Dam yang Tersumbat

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

GRESIK, (suarapublik.com) - Tim Unit Reaksi Cepat (URC), Bidang Sumber Daya Air (SDA), Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang (PUTR) Pemerintah Kabupaten Gresik, saat ini fokus dalam menangani perbaikan saluran atau tanggul Kali Lamong yang jebol.  

Dalam waktu singkat, tim URC SDA siap siaga sebelum banjir datang untuk mengevakuasi di mana titik lokasi yang rawan longsor. Sebab, sebelumnya pihak SDA sudah sering membenahi tanggul yang longsor akibat banjir karena tinggi nya curah hujan.

Pihak koordinator URC SDA langsung cepat tanggap dengan merespon setiap keluhan dari masyarakat. Hal ini di buktikan seperti kejadian sebelumnya yakni longsornya bibir Kali Lamong. 

"Segera menindak lanjuti tanggul yang rawan longsor di setiap ruas bibir tanggul Kali Lamong, termasuk kemarin terjadi longsor di wilayah Sedapur, Kelagen, Kecamatan Benjeng dan di wilayah Beton, Kecamatan Menganti, Kabupaten Gresik," tutur Mariono, salah satu warga yang terdampak banjir akibat jebolnya bibir Kali Lamong.

Sebelumnya, Bidang Sumber Daya Air (SDA) mendapatkan laporan dari salah satu warga Delik Sumber, Mariono, soal sampah yang menyumbat pintu air dam Desa Delik Sumber. 

"Kami akan segera cek dan menindaklanjutinya. Kami akan segera membersihkan tanah yang menutup pintu dam sehingga sampah yang menutup di depan pintu dam cepat bersih," ujar Ubaidillah, ST, MT selaku Kepala Bidang SDA saat di temui di kantornya.

Untuk mencegah saluran irigasi yang tidak lancar, Dinas PUTR Bidang SDA selalu waspada, dengan mengontrol saluran irigasi sawah untuk mengetahui  perkembangan agar air tetap lancar. (mar)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper