suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Tanggap, Dinas PUTR, SDA Gresik Keruk Sampah yang Menumpuk di Dam Desa Delik Sumber

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

 

GRESIK, (suara publik.com) - Hujan yang terus menerus turun di beberapa wilayah Gresik, khususnya di Desa Delik Sumber yang mengakibatkan banjir, membuat masyarakat trauma. Namun, banjir yang melanda di daerah tersebut sepenuhnya bukan karena volume hujan turun, melainkan ada beberapa hal yang terkadang mengakibatkan banjir. 

Seperti halnya, saat ini saluran yang tersumbat atau tempat penampungan seperti Dam menjadi keruh. Baru-baru ini, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kabupaten Gresik, khususnya Bidang Sumber Daya Air (SDA) melakukan pantauan yang kedua kalinya di sekitar Dam Delik Sumber. Terbukti, di Dam tersebut, sudah menumpuk sampah di depan pintu Dam Delik Sumber. 

Padahal, sebelumnya pihak DPUTR, SDA telah mengeruktanah yang menyumbat di pintu Dam Delik Sumber. Namun, nyatanya sampah bambu yang terbawa arus dari aliran sungai begitu banyak, terpaksa kini di bersihkan lagi sehingga tidak ada lagi sampah yang menyumbat di pintu Dam.

Salah satu warga Desa Delik Sumber, Mariono, mengatakan, bahwa di depan pintu Dam banyak sampah berupa bambu, kayu sampah menumpuk. Apabila turun hujan lagi, Dam tersebut tidak dapat menampung air hujan. Akibatnya, banjir akan melanda di desanya. 

"Saat itu Saya cek di pintu Dam Delik Sumber banyak sampah yang menumpuk. Kalau turun hujan lagi bisa-bisa air hujan ga bisa menampung. Bisa-bisa sampah atau tumpukan bambu dan kayu akan meluap dan terbawa ke jalanan masuk desa mas," terangnya.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA), Ubaidillah ST, MT, mendapatkan informasi dari warga tersebut, langsung turun ke lapangan. 

"Baik pak terima kasih infonya akan kita tidak lanjuti untuk mengangkat sampah tersebut," ujar Ubaidillah. 

Bersama dengan tim nya Kepala Bidang SDA dengan gerak cepat langsung menerjunkan alat berat untuk mengangkat sampah yang menyumbat di pintu Dam Delik Sumber.

Dari proses pembersihan sampah tersebut, tim SDA melibatkan dari perangkat Desa Delik Sumber, yakni, Kepala Dusun, Sunaji, Sekretaris Desa, Totok Supriyantolangsung ke titik lokasi. "Semoga kelanjutanya tidak ada sampah lagi yang menyumbat," ucapnya.

Sebelumnya, dari bidang SDA bersama tim yang di koordinir Ipung dan Camat Kedamean, Sukardi  juga menangani sampah dan pohon bambu yang menumpuk di saluran anak kali lamong yang berada di Desa Cermen Lerek, kecamatan Kedamean, Gresik, Kamis, (04/01/2023).

Mudah-mudahan demi kelancaran aliran anak kali lamong dari pihak SDA selalu mengontrol biar tetap lancar. Semoga tidak ada sampah lagi yang menyumbat sepanjang aliran sungai anak kali lamong," pungkasnya. (mar)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper