suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Pantau Karhutlah, Polisi Jalan Kaki Belasan Meter.

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Laporan Iwan Dayat.

Malang Suara-Publik. Untuk memantau kebakaran hutan di musim panas Polisi Jalan Kaki Belasan Kilometer Senin, 11 September 2017.

Secara geografis, kabupaten Malang memiliki wilayah yang cukup luas, dimana terdapat banyak sekali area hutan sehingga sangat berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLAH).

Untuk mengantisipasi terjadinya Karhutlah, petugas gabungan dari Polres Malang, Perhutani dan Tim SPORC Gakum Kemen UHK, melakukan patroli dengan cara berjalan kaki menyusuri area hutan sepanjang belasan kilometer.  Kegiatan patroli gabungan diawali dengan berjalan kaki menyusuri kawasan hutan di Pantai Selok, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Wakapolres Malang Kompol Decky Hermansyah, SH, MH saat memimpin jalanya patroli gabungan menegaskan, pelaksanaan giat patrol gabungan bersama dengan berjalan kaki menempuh jarak cukup jauh.  “Untuk patroli kita awali dari pantai Kondangmerak. Lalu masuk ke kawasan hutan disekitar pantai Banyu Meneng, pantai Selok dan berakhir di Pantai Bidadari dan kembali lagi ke Kondangmerak. Jaraknya kurang lebih 6 kilometer,” terang Kompol Decky H.

Menurutnya, cara ini ditempuh petugas gabungan mengingat area kawasan hutan dan lahan di Kabupaten Malang, sangat luas dan tidak semua bisa dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua. Sehinga, petugas gabungan harus naik turun bukit yang membentang dikawasan pesisir pantai Malang Selatan.  

Sebelumnya dilaksanakan apel kesiapan tim patroli gabungan antisipasi Karhutlah se Jawa Timur ini, dipimpin langsung AKBP Riyan. Sejumlah personel yang dilibatkan dalam patrol Karhutlah juga melibatkan ADM Perhutani Arif Herlambang, 30 orang personel dari Shabara Polres Malang, Danramil Bantur Kapten Inf.Sapardi, 12 Personel dari Rayan Pagak, Pabin Perhutani KPH Malang Kompol Sulis, serta 12 orang petugas dari Polsek Bantur dan 130 personel Mantri Perhutani dan Polhut di Jajaran KPH Malang.

“Untuk lokasi patroli gabungan antisipasi Karhutlah berada di area hutan lindung KRPH Sumbermanjing Kulon dan BPKH Sengguruh. Areal hutan itu masuk kawasan pantai Kondangmerak hingga pantai Bidadari yang masih alami" terang Wakapolres Malang.

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper