suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Dua Residivis Perampas Sepeda Motor Suporter di Bekuk.

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Laporan: Tom

SURABAYA Suara-Publik. Dua dari empat orang pelaku perampas motor yang kerap beraksi menggunakan senjata tajam dibekuk anggota Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polsek Pakal Surabaya.Dua pelaku itu diketahui baru saja beraksi pada Kamis (14/9) malam di sekitar jalan Raya Jawar, kel. Sumber Rejo, kec. Pakal Surabaya. Dua pelaku diketahui bernama Joko Purnomo (27) warga jalan Putat Jaya, gang Makam Jarak No.02 kec. Sawahan Surabaya dan Tri Anggoro (30) warga jalan Gajah Mada 1 dalam No 104 , kel. Sawunggaling,kec. Wonokromo, Surabaya.

Pelaku langsung diamankan di Mapolsek Pakal kemarin malam. Kendati 2 dari 4 pelaku berhasil diringkus, namun hingga saat ini, motor Arafah belum ditemukan. Sebab motornya, berhasil dibawa kabur 2 pelaku yang hingga kini masih buron. Peristiwa itu menimpa Arafah setelah dirinya pulang dari Stadion GBT (gelora bung tomo) Pakal Surabaya, usai menonton pertandingan sepakbola, Kamis (14/9/2017) pukul 18.30 Wib.

Dia terpisah dari teman-temannya karena memang jalan pulang dari GBT macet. Saat di Jalan Raya Jawar, Sumberejo Pakal Surabaya, Arafah tiba-tiba dituduh sebagai pencuri oleh 4 pria yang mengendarai dua motor. Setelah Arafah dikeroyok 4 pria itu, motor Yamaha Mio W 4773 WU miliknya kemudian dirampas. Arafah kemudian menghubungi teman-temannya. Setelah bertemu teman-temannya, Arafah menceritakan kejadian yang menimpanya kemudian mereka mencoba mengejar.

Sampailah rombongan Arafah di Jalan Singapur, Benowo Surabaya. Tepat di depan Perum Green Ambasador, Arafah mengetahui motornya ditunggangi para pelaku. Darisanalah, Arafah dan teman-temannya mencoba merebut kembali motornya. Saat itulah, kelompok pelaku akhirnya menyerang Arafah Dkk. Nahas, saat salah satu pelaku mengeluarkan senjata tajam jenis celurit, seorang teman Arafah terkena sabetan pada pinggang kirinya hingga luka robek. Teman Arafah itu bernama Wildan (25) juga warga Sidoarjo.

"Kami mendengar kejadian itu langsung ke TKP. Dua pelaku dapat kami amankan. Korban luka langsung kita larikan ke rumah sakit," sebut Kapolsek Pakal, Kompol Gede Suartika, Jumat (15/9/2017).

Dua pelaku itupun langsung dibawa ke Mapolsek Pakal untuk diperiksa berikut barang bukti sajam yang dibawanya. Sedangkan dua pelaku lain yang membawa kabur motor Arafah, masih buron. Dari hasil identifikasi, kedua pelaku diketahui bernama Joko Purnomo (27) asal Jalan Putat Jaya Gang Makam Jarak No 2 Surabaya. Dia adalah residivis pelaku curas yang pernah ditangkap oleh Polsek Karang Pilang, Dukuh Pakis dan Tegalsari. Sedangkan pelaku kedua, adalah Tri Anggoro (30), asal Jalan Gajah Mada 1 Dalam No 104 Sawunggaling Wonokromo Surabaya.

Dia juga merupakan residivis pelaku curas yang pernah ditangkap Polsek Wonokromo. "Untuk dua pelaku lain masih kita lakukan pengejaran. Kelompok pelaku ini menyaru sebagai supporter sepakbola dan menyasar supporter sepakbola yang sebenarnya," beber Kompol Gede.

Kini, Purnomo dan Tri sudah dijebloskan penjara Polsek Pakal. Keduanya bahkan dijerat dengan pasal berlapis karena telah melakukan pencurian dengan kekerasan (curas) atau turut serta melakukan tindak pidana. Mereka juga terbukti sengaja memiliki, membawa senjata tajam tanpa dilengkapi surat ijin. Jeratan pasalnya yaity Pasal 365 KUHP subs Pasal 55 jo 365 KUHP dan Pasal 2 UU Darurat RI No 12 Thn 1951. Keduanya terancam hukuman 15 hingga 20 tahun penjara.

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper