suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Pertamina: Gas Elpiji 3 Kg Tidak Langka.

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Dilaporkan Oleh : Hery Masduki  

BONDOWOSO, (Suara Publik) - Pertamina membantah jika selama ini pihaknya membatasi pasokan Elpiji 3 kilogram. Bahkan, untuk Kabupaten Bondowoso, Pertamina menambah pasokan hampir 300 persen, sejak Juni 2017.

“Sejak Juni kemarin, kita menambah stok elpiji 3 kg. Dari 15.840 tabung perhari, menjadi 38.700 tabung,” kata Sales Eksekutif Elpiji Rayon 7, Muhammad Ali Akbar saat dikonfirmasi wartawan, Senin (25/9/2017).

Menyikapi kelangkaan atau kekurangan pasokan yang dialami masyarakat Bondowoso, pertamina menyatakan tidak tahu menahu karena hal itu sepenuhnya menjadi wewenang pemerintah kabupaten setempat. “Stok elpiji 3 kg untuk Bondowoso sesuai dengan survey yang kami lakukan ke sejumlah agen dan pangkalan, stok aman dan stabil,” ujarnya.

Ia mengemukakan, kelangkaan tabung elpiji 3 kg yang dirasakan masyarakat atau yang terjadi di sejumlah toko pengecer, tidak bisa dijadikan landasan penyebab kelangkaan elpiji 3. Sebab, status pengecer tidak diatur dalam tata niaga pendistribusian elpiji bersubsidi.

“Dari sisi ketentuan distribusi pengecer itu hanya mendapatkan alokasi 50 persen dari jumlah pasokan yang diberikan kepada pangkalan, selebihnya harus dijual langsung kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah pengecer di Bondowoso mengeluhkan tersendatnya pengiriman elpiji bersubsidi isi 3 kg tersebut. Selain pengiriman tersendat, kuota juga dikurangi. “Biasanya setiap minggu saya dapat kiriman 32 tabung, sekarang hanya dapat 20 tabung itupun hanya dua minggu sekali,” kata pemilik toko di Tamanan, Ibu Rosi.

Tersendatnya pengiriman elpiji tersebut berdampak kepada masyarakat sekitar. Mereka mengaku kesulitan untuk membeli isi ulang tabung 3 kg. “Sudah seminggu gas saya habis. Sulit yang mau beli, terpaksa saya beli kayu bakar,” kata Ibu Difa, warga Tamanan.

Catatan Pertamina, rata-rata satu hari di Bondowoso ada 15 ribu tabung yang didistribusikan kepada agen. Sejak Juni 2017 hingga September Bondowoso mendapatkan alokasi tambahan hampir 300 persen atau setara dengan 40 ribu tabung. Jadi, total distribusi elpiji 3 kilogram dalam sehari mencapai 55 ribu tabung. (her)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper