suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Tiga Penginapan Elite Dukuh Kupang di Razia, 9 Pasangan Mesum Terjaring.

avatar suara-publik.com
suara-publik.com leaderboard

Laporan: Tom

SURABAYA Suara-Publik. Minggu (22/10/2017) siang, petugas gabungan dari Polrestabes Surabaya dan Satpol PP merazia tiga penginapan di wilayah Dukuh Pakis Surabaya.

Razia yang dipimpin Kasat Binmas Polrestabes Surabaya, AKBP Minarti tersebut berhasil menjaring 9 pasangan bukan suami istri. Selain itu, di sebuah penginapan elit, dua WNA didapati menginap dan pengelola penginapan tidak melapor ke kepolisian terdekat.

Razia dimulai sekitar pukul 11.00 Wib. AKBP Minarti mengarahkan pasukannya ke Jalan Dukuh Kupang Barat No 50 Surabaya. Yaitu sebuah penginapan bernama Metro House. Puluhan personil langsung disebar ke 5 lantai penginapan ini.

Berbekal list penghuni dari pengelola, pasukan mulai memeriksa kamar demi kamar yang ditempati penginap. Hasilnya, di penginapan ini petugas mendapati 4 pasangan bukan suami istri. Yaitu 2 pasangan bukan suami istri, sepasang pelajar dan sepasang muda mudi yang tidak membawa KTP sama sekali.

"Kami juga mendapati dua pria WNA (warga negara asing) asal India dan Australia yang menginap disini. Dan pengelola tidak melaporkan ke polisi adanya WNA yang menginap tersebut," beber AKBP Minarti.

Atas temuan itu, lanjut AKBP Minarti menyebut jika pihaknya akan melakukan koordinasi dengan Satintelkam untuk tahapan penanganan selanjutnya. "Untuk detail pemeriksaan, identitas maupun legalitas dua WNA ini, sedang kami koordinasikan dengan rekan-rekan Intelkam.

Tapi informasi sementara, keduanya menginap disini untuk keperluan kunjungan," sebutnya.

Setelah membawa 4 pasangan bukan suami istri ke Mapolsek Dukuh Pakis Surabaya, AKBP Minarti mengarahkan pasukannya ke sebuah kos-kosan di Jalan Jalan Dukuh Kupang Barat gang 24 No 24.

Kendati sudah memeriksa semua kamar yang ada, namun pihaknya tidak menemukan pelanggaran di kos-kosan berlantai dua tersebut. Dan sasaran terakhir, pasukan menuju Penginapan SL di Jalan Raya Dukuh Kupang No 34 Surabaya.

Di penginapan kelas bawah berlantai dua ini, petugas berhasil menjaring 5 pasangan mesum. Kelima pasangan mesum ini juga langsung dibawa ke Polsek Dukuh Pakis untuk mendapatkan pembinaan.

"Ini adalah kegiatan rutin yang ditingkatkan. Dalam rangka Operasi Bina Kusuma 2017. Kami (Sat Binmas) menggandeng Sabhara, Reskoba, Intel dan Satpol PP untuk melakukan giat kali ini. Hasilnya, semua pasangan bukan suami istri yang kami amankan tadi, akan kami berikan pembinaan," tutur AKBP Minarti.

Selain diberikan pembinaan, mereka juga diberikan surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya. Bahkan AKBP Minarti menyebut, pihaknya bakal memanggil keluarga masing-masing untuk menjemput semua pasangan yang terjaring tadi.

"Jika yang menjemput bukan keluarganya, tidak akan kami pulangkan," tandasnya.

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper