suara-publik.com skyscraper
suara-publik.com skyscraper

Sidang Lanjutan Penganiayaan di Surabaya, Albert Agustinus Diadili, Jaksa Hadirkan Saksi

avatar suara-publik.com
Foto: Terdakwa Albert Agustinus Botha menjalani sidang agenda saksi, pemeriksaan terdakwa, di Ruang Tirta 1 PN Surabaya secara online dan Saksi korban Adriana Bebhe Jawa, Siprianus Fao dan Sergius Badhu di persidangan
Foto: Terdakwa Albert Agustinus Botha menjalani sidang agenda saksi, pemeriksaan terdakwa, di Ruang Tirta 1 PN Surabaya secara online dan Saksi korban Adriana Bebhe Jawa, Siprianus Fao dan Sergius Badhu di persidangan
suara-publik.com leaderboard

 

SURABAYA, (suarapublik.com) - Sidang perkara pidana telah melakukan Penganiayaan terhadap korbannya, di sebuah kost Bumi 39 B, Lontar Sambikerep Surabaya, hingga korban yang seorang wanita mendapatkan luka lubang di lengan kanan, luka di dada sebelah kanan dan kening, dengan Terdakwa Albert Agustinus Botha anak dari Tarayanus Boyha, di Ruang Tirta 1 PN Surabaya secara online.

Dalam dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Dzulkifly Nento dari Kejari Surabaya, melakukan Penganiayaan "Sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 351 Ayat (1) KUHP."

Selanjutnya JPU menghadirkan Saksi korban Adriana Bebhe Jawa, Saksi Siprianus Fao dan Sergius Badhu. JPU bertanya kepada Saksi korban Adriana, awal terjadinya penganiayaan yang dilakukan terdakwa, "Saya mengalami pemukulan di kosan pada Selasa, 5 September 2023, Jam 9 malam, saya sedang masak, datang terdakwa menanyakan perihal sepeda motor, dia emosi tendang makanan yang saya masak, saat mau mukul dua kepleset sayur yang tumpah di lantai," terang saksi.

"Dia bertanya katanya saya menanyakan kenapa terdakwa menjual motor, saya jawab "motor siapa" dia malah mengatakan " urusan apa dengan kamu motor itu" Lalu dia tendang dan memukul saya, dia sempat keluar lalu datang lagi, dia pukul lagi saya pakai tangan, saya lawan dengan sapu, ada luka dilengan, payudara, dan dada." tambahnya.

Saksi Siprianus Fao dan Sergius Badhu, yang juga satu kos dengan korban, keluar kamar dan melerai pertengkaran itu. "Saya tidak tahu saat pemukulan, saya dengar ribut-ribut sehingga saya lerai, hanya melerai yang mulia," terang keduanya.

Terhadap keterangan para saksi, Terdakwa Albert membenarkan nya, "Benar yang mulia," katanya. Albert mengatakan, sepeda motor, itu sepeda motor kakak sepupu saya, saya service, dikasihkan ke saya, dan saya pakai. Daripada saya pakai, lalu saya beli saja, saya bayar sepeda itu sudah milik saya, kok saya ditanya sepeda dibawah kemana, kan sudah beli, membuat saya emosi," pungkasnya.

Diketahui, pada hari Selasa, 05 September 2023, Jam 21.00 wib, di kost jalan Bumi 39 B, Lontar Kecamatan Sambikerep Surabaya, saat itu Adriana Bebhe Jawa sedang memasak di dapur, di datangi oleh terdakwa. Terdakwa bertanya kepada Adriana Bebhe Jawa masalah sepeda motor, “Kenapa kamu tanya soal menjual sepeda motor milik saya ke Om Yos” namun, Adriana Bebhe Jawa tidak merespon, kemudian terdakwa bertanya kembali pertanyaan yang sama namun tetap tidak merespon karena sedang masak. Karena tidak direspon, terdakwa emosi memukul alat dapur yang ada di meja mengenai panci masakan hingga tumpah dan jatuh ke kaki Adriana Bebhe Jawa.

Terdakwa maju kearah Adriana melakukan pemukulan terhadap Adriana Bebhe Jawa, mengenai kening sebelah kanan saksi sebanyak 1 kali. Melakukan pemukulan di bagian dada hingga membaret ke daerah payudara sebelah kiri Adriana, kemudian Adriana meraih sapu yang ada di dapur untuk melindungi diri.

Terdakwa memukul menggunakan tangan kanan, saat itu memegang kunci hingga mengenai lengan kiri Adriana. Pemukulan tersebut dilerai Saksi Siprianus Fao dan Saksi Sergius Badhu yang tinggal di kost tersebut. Kemudian Adriana lari masuk ke dalam kamar kost, kemudian Adriana Bebhe Jawa melaporkan terdakwa ke Polsek Lakarsantri.

Akibat perbuatan terdakwa, Saksi korban Adriana Bebhe Jawa mengalami luka lecet dada kiri, luka lecet bawah payudara kiri, luka lecet pada kening sebelah kanan, luka sobek pada tangan bagian lengan sebelah kiri. 

Berdasarkan visium et repertum dari RS. Yayasan Muji Rahayu Rumah Sakit Muji Rahayu, Raya Manukan Wetan No.68-68A Surabaya, menyimpulkan, di dapatkan luka lubang diameter ±1 cm dan kedalaman ±1cm di lengan kanan yang di sebabkan persentuhan dengan benda tajam dan di dapatkan luka di dada sebelah kanan, luka tidak terlalu dalam. (sam)

Editor : Redaksi

suara-publik.com skyscraper